Sukses

Rekrutan Pertama Manajer MU Tidak Semua Berhasil, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Tyrell Malacia menjadi rekrutan pertama Erik ten Hag di Manchester United. Bek asal Belanda itu dikenal dengan julukan Si Pitbull. Nama Malacia sebenarnya tidak menjadi incaran MU sejak lama bahkan terkesan tiba-tiba, tidak seperti bintang Barcelona Frankie De Jong.

Tyrell Malacia akan bersaing dengan para bek kiri lainya seperti, Luka Shaw, Alex Telles dan Brandon Williams. Selain itu Tyrell Malacia telah membantu Feyenoord ke babak final Piala Konferensi Europa.

Ia juga tercatat telah memainkan sebanyak 50 pertandingan dari semua kompetisi dan telah memberikan tiga assist musim lalu. Mantan pemain Feyenoord ini menjadi pemain pertama yang akan membantu Ten Hag sebagai tanda revolusi besar di The Red Devils nantinya.

Tapi menariknya, ada beberapa rekrutan MU di era manajer tidak semua bersinar. Bahkan, hampir semua pemain tidak mendapatkan tempat utama dan memilih pergi setelah tersingkir dari persaingan.

Berikut ini, rangkuman rekrutan pertama MU di era manajer baru setelah Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun dari dunia sepakbola. Siapa saja mereka? Apakah masih ada di skuat MU saat ini? Liputan6.com sudah membuat rangkuman siapa saja pemain rekrutan pertama di era David Moyes, Loius Van Gaal, Jose Mourinho hingga Ole Gunnnar Solksjaer.

 

 

2 dari 5 halaman

David Moyes - Marouane Fellaini

 

Marouane Fellaini merupakan pemain pertama dari David Moyes saat resmi menjadi manajer Manchester United musim 2013/14. Bersama The Toffees, Fellaini menjadi pengatur bola di lini tengah, dan dibawa oleh Moyes ke Old Trafford.

Lima setengah musim bersama United, Fellaini berhasil mempersembahkan empat trofi bersama Setan Merah yakni juara Piala FA (2016), Piala Liga Inggris (2017), Liga Europa (2016/2017), dan Community Shield (2017).

Fellaini merupakan pemain bawaan David Moyes. Pemain asal Belgia itu mengalami kesulitan di MU karena tak bisa mereplikasi permainan terbaiknya ketika masih membela Everton.

Marouane Fellaini sudah mencatatkan 177 penampilan dan mencetak 22 gol untuk Manchester United. Setelah itu, pemain asal Belgia itu pindaj ke Liga Super Cina bersama Shandong Luneng pada 2019.

3 dari 5 halaman

Louis Van Gaal - Ander Herrera

Louis Van Gaal resmi menjadi manajer Manchester United setelah selesai membawa timnas Belanda di Piala Dunia 2014. Nama Ander Herrera menjadi rekrutmen pertama Van Gaal ketika itu.

The Red Devils mengikat pemain asal Spanyol itu hingga Juni 2018 dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun. MU sudah meminati pemain jebolan akademi Real Zaragoza junior saat era David Moyes.

Herrera tiba di Old Trafford setelah diboyong dari Athletic Bilbao pada 2014 dengan biaya transfer 32,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp 604 miliar. Di Old Trafford, pemain bertinggi 182 sentimeter ini mencatatkan 189 laga di semua kompetisi dengan torehan 20 gol dan 27 assist.

Selama lima musim memperkuat Setan Merah, Herrera mempersembahkan empat trofi mulai dari Piala FA (2015-2016), Community Shield, Piala Liga Inggris (2016-2017), dan Liga Europa (2016-2017).

Herrera meninggalkan Manchester United pada akhir musim 2018-2019 menuju Paris Saint Germain.

4 dari 5 halaman

Jose Mourinho - Eric Bailly

Pemain bertahan, Eric Bailly, resmi menjadi pemain pertama yang datang ke Manchester United di era Jose Mourinho. Bailly didatangkan dari Villarreal dengan banderol 30 juta pound sterling atau setara dengan Rp577 miliar.

Dia dikontrak selama empat tahun untuk berseragam Setan Merah. Penampilan cemerlangnya membuat Yellow Submarine hanya kebobolan 35 gol dalam 38 laga La Liga yang membuat Jose Mourinho kepincut sang pemain. 

Selama lima musim berkarier dengan Setan Merah, Bailly dikenal merupakan pemain yang akrab dengan cedera. Kontribusi terbesar diberikan pada musim perdananya.

Dirinya berhasil membantu meraih gelar Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa.

5 dari 5 halaman

Ole Gunnar Solskjaer - Daniel James

 

Daniel James menjadi rekrutan pertama manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Pemain yang besar di akademi Swansea dan baru mampu merebut tempat utama di tim itu. Kala itu, ia tampil 38 kali dan menyumbang 5 gol.

James datang ke Manchester United dari Swansea City pada Juli 2019 dengan biaya transfer yang mencapai 17 juta euro. Selama membela Manchester United, James tercatat sudah menorehkan 74 penampilan lintas ajang dengan menyumbangkan 9 gol dan 9 assist.

Hingga pada akhirnya, James dilepas saat awal musim lalu ke Leeds United dikarena performa sang pemain terus menerus. Dia berhasil mencetak gol pada debutnya dari bangku cadangan. Namun, ia gagal setelah beberapa pertandingan dan sulit mencetak gol meski menjalani musim yang bagus.

James masuk starting eleven di pertandingan pertama musim ini, tapi gagal tampil mengesankan lagi. Posisinya di sayap kanan mulai direbut bintang muda Mason Greenwood.