Sukses

Aleix Espargaro Minta Maaf Atas Selebrasi Prematur di MotoGP Catalunya

Pol Espargaro melakukan kesalahan fatal yang membuatnya gagal naik podium di MotoGP Catalunya, Barcelona, Minggu (5/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Aleix Espargaro meminta maaf atar blunder yang dilakukannya pada MotoGP Catalunya, Minggu (5/6/2022). Selebrasi prematur jelang garis finis membuat Espargaro harus kehilangan kesempatan untuk naik podium.

Akibat kejadian tersebut, Espargaro hanya mampu finis di urutan kelima. Sementara podium dikuasai oleh Fabio Quartararo dari Monster Yamaha, disusul Jorge Martin dan Pramac Ducati, dan Johann Zarco.

"Maaf, hanya itu yang bisa saya katakan. Mohon maaf kepada tim. Selurunya benar-benar kesalahan saya," kata Espargaro seperti dilansir dari Crash.net. 

Espargaro bukan satu-satunya pembalap MotoGP yang pernah berada dalam posisi seperti ini. Sebelumnya pada tahun 2006, Kenny Roberts juga pernah blunder di Barcelona. Sementara pada tahun 2009, giliran Julian Simon yang melakukan kesalahan yang sama. Mereka rata-rata mengikuti pola yang sama.

Pembalap salah menilai jumlah lap tersisa karena akibat berpatokan pada menara waktu di trek lurus utama ketimbang melihat papan pit mereka atau bendera kotak-kotak. Dan dalam kasus Espargaro, paddock Aprilia  menjadi yang pertama keluar dari tikungan cepat terakhir dan Espargaro sering gagal melihat papan pit. Hal ini menyebabkan dia lebih mengandalkan menara waktu untuk menghitung mundur putaran balapan.

"Orang-orang saya (dengan papan pit) menjadi yang pertama (keluar ke tikungan terakhir)," kata Espargaro. "Jadi saya tidak punya waktu melihatnya (lap tersisa di papan pit), begitu juga dengan jarak dengan Martin. Saya terus menekan jadi saya haya melihat jarak dengan Martin, +0,5, lalu saya lihat menara dan saya lihat L1. Jadi saya melakukan satu lap lagi dan saya tidak ingat kalau di sini, di Barcelona lap terakhir dihitung 0 bukan 1. Dan saya pun menurunkan gas di jalur lurus," beber pembalap tim Aprilia Racing tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalannya Lomba

Balapan MotoGP yang berlangsung di Cirkuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (5/6/2022) WIB, berjalan kurang mulus. Tiga pembalap mengalami crash di tikungan pertama saat balapan baru dimulai.

Insiden itu melibatkan pembalap LCR Honda Idemitsu Takaaki Nakagami, Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar, dan jagoan Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. Crash diakibatkan Nakagami yang kehilangan keseimbangan sehingga motornya mengenai tunggangan Rins dan Bagnaia.

Bahkan, kepala Nakagami sempat membentur sangat keras pada ban belakang Bagnaia. Tak ada tindakan lebih atas insiden yang melibatkan ketiga pembalap tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Quartararo Melesat

Sementara itu, Fabio Quartararo, yang start dari posisi kedua, langsung memimpin jalannya balapan. Pembalap Monster Yamaha itu melaju sendiri meninggalkan para rivalnya.

Persaingan sengit justru terjadi di kelompok kedua balapan yang melibatkan Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Johann Zarco. Espargaro dan Martin terlibat saling salip, sementara Zarco terus membuntuti di belakang.

Empat lap terakhir, Espargaro kembali menyalip Martin untuk merebut posisi kedua.

Tetapi, pembalap Spanyol itu kemudian membuat kesalahan besar. Dia sempat memperlambat motornya lantaran mengira balapan sudah selesai.

4 dari 4 halaman

Espargaro Melorot ke Urutan Kelima

Blunder Espargaro kemudian dimainfaatkan Martin, Zarco, dan Joan Mir untuk menyalipnya. Rider berusia 32 tahun itu lantas sadar telah membuat kesalahan dan mencoba kembali memacu motornya.

Tetapi, dia akhirnya harus puas finis di posisi kelima. Espargaro tampak terlihat sangat kecewa setelah balapan dengan menundukkan kepalanya pada tangki motor di pinggir sirkuit.

"Saya sangat minta maaf kepada tim karena saya tidak secepat Fabio untuk menang. Tapi jika saya ingin mengalahkan dia di kejuaraan, saya tidak bisa melakukan kesalahan ini. Hari ini saya kehilangan 9 poin tambahan, jadi saya merasa sangat menyesal sekali," beber Espargaro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.