Sukses

Real Madrid Rebut Trofi Liga Champions, Liverpool Kembali Kecewakan LeBron James

Liputan6.com, Jakarta Kekalahan yang dialami Liverpool pada final Liga Champion 2022 tidak hanya memukul para suporter. Pemilik saham minoritas seperti LeBron James juga ikut 'nyesek' melihat The Reds kembali kalah kepada Real Madrid.

LeBron diketahui hadir langsung di Stade de France, Paris untuk memberi dukungan kepada Liverpool saat bertemu Real Madrid, Minggu (29/5/2022). Dalam duel ini, The Reds berniat membalas kekalahan yang mereka alami pada final Liga Champions 2017/18 lalu. Di Kiev, Ukraina, saat itu, Liverpool menelan kekalahan 1-3.

Seperti dilansir dari Marca, LeBron datang ke Paris bukan sebagai suporter, tapi pemilik Liverpool. Pemain LA Lakers itu diketahui punya 2 persen saham The Reds. Dia membeli saham itu pada 2011. Sejak tahun lalu, LeBron jadi bagian dari Fenway Sports Group (FSG) yang membeli  Liverpool seharga 493 juta USD pada tahun  2010. 

LeBron tidak sendirian terbang ke Paris. Dia ditemani Maverick Carter dan Paul Rivera, dua rekannya dari perusahaan FSG. LeBron juga ditemani oleh Kevin Love, mantan rekan setimnya di Cleveland Cavaliers.

Sebenarnya, LeBron sangat jarang menyaksikan langsung pertandingan Liverpool. Dia juga hanya beberapa kali terlihat mengunjungi Anfield mengingat padatnya jadwal yang harus dijalaninya di kompetisi bola basket NBA.

Namun kegagalan LA Lakers di babak playoff tahun ini memberinya kesempatan untuk mendampingi Liverpool bertanding. Sayang, Liverpool gagal memberi hasil yang sesuai harapan. The Reds yang tampil dominan sepanjang pertandingan justru menelan kekalahan melalui gol tunggal Vinicius Jr pada menit ke-59.

 

2 dari 4 halaman

Bertolak Belakang

Kesedihan LeBron sangat bertolak belakang dengan pemain NBA lainnya, Luka Doncic. Sebagai suporter setia Real Madrid, pemain Dallas Maverick itu segera meluapkan kegembiraannya lewat unggahan di Twitter.

"Senang sekali menjadi fans Real Madrid," tulisnya usai pertandingan.

Kegembiraan juga dilupakan suporter Real Madrid lainnya, Joel Embiid. Pemain NBA itu  juga meninggalkan pesan menyenangkan menyambut perayaan kemenangan Liga Champions ke14 Los Blancos di Paris.

3 dari 4 halaman

Berada dalam Tekanan

Sementara itu, Real Madrid berada dalam tekanan saat berhadapan dengan Liverpool di Stade de France, Minggu lalu. The Reds yang berniat menuntut balas atas kekalahan di final Liga Champions 2017/18, mampu melepas setidaknya 24 tendangan ke gawang sepanjang pertandingan.

Namun ketangguhan sang kiper Thibaut Courtois mampu menyelamatkan Real Madrid dari kebobolan. Berulang kali kiper jangkung itu berhasil mementahkan tendangan maupun tandukan Mohamed Salah dan pemain lainnya.

Real Madrid sebenarnya sempat juga menjebol gawang Liverpool pada pengujung babak pertama lewat Karim Benzema. Memanfaatkan bola robound hasil sapuan tak sempurna pemain belakang Liverpool, Benzema sukses merobek jala The Reds. Meski demikian, wasit menganulir gol ini dan menganggap Benzema lebih dulu offside.

 

4 dari 4 halaman

Kecerdikan Vinicius Jr

Setelah bermain tanpa gol sepanjang babak pertama, Real Madrid berhasil mencetak gol di menit ke-59. Vinicius Jr yang menyelinap di belakang Alexander-Arnold berhasil menjangkau umpan menyilang dari rekannya, Valverde.

Ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta sepanjang pertandingan dan Real Madrid keluar sebagai juara.