Sukses

Pembagian Pot Undian Grup Liga Champions Musim Depan usai Liverpool vs Real Madrid

Liputan6.com, Jakarta - Hasil final Liga Champions 2021/2022 memberi kepastian terhadap persaingan musim depan. Kegagalan menjadi juara membuat Liverpool tergusur ke Pot 2.

The Reds harus mengakui keunggulan Real Madrid di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Vinicius Junior menjadi biang kekalahan pasukan Jurgen Klopp.

Kemenangan akan membuat Liverpool menempati posisi terakhir pada pot unggulan untuk kompetisi 2022/2023. Kini posisi tersebut jadi milik juara negara dengan koefisien Eropa tertinggi selanjutnya, yakni Ajax Amsterdam dari Belanda.

Pot 1 berisi juara Liga Champions dan Liga Europa, plus penguasai enam kompetisi domestik terbaik yakni Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Prancis, dan Portugal. Real Madrid mengemban dua status tersebut sehingga jatah berikutnya diberikan ke Ajax.

Penghuni pot 2 juga sudah diketahui. Sementara Pot 3 dan Pot 4 ditentukan berdasar hasil kualifikasi. Pot 2-4 ditentukan berdasar koefisien klub UEFA, yang diketahui berdasar kinerja mereka selama lima musim terakhir.

Sejumlah nama besar hadir di Pot 3, yakni Borussia Dortmund, Inter Milan, dan Napoli. Mereka akan jadi lawan paling dihindari tim-tim dari dua pot utama.

Undian fase grup Liga Champions 2022/2023 berlangsung pada 25 Agustus mendatang. Klub dari satu negara tidak boleh masuk grup yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Pembagian Pot

POT 1

Eintracht Frankfurt

Manchester City

Real Madrid

AC Milan

Bayern Munchen

Paris Saint-Germain

FC Porto

Ajax Amsterdam

 

POT 2

Liverpool

Chelsea

Barcelona

Juventus

Atletico Madrid

Sevilla

RB Leipzig

Tottenham Hotspur

 

POT 3

Borussia Dortmund

FC Salzburg

Shakhtar Donetsk

Inter Milan

Napoli

Sporting CP

Bayer Leverkusen

 

POT 4

Club Brugge

Celtic

3 dari 4 halaman

Final Musim Ini

Real Madrid juara Liga Champions 2021-2022. Los Blancos mengalahkan Liverpool 1-0 pada pertandingan final di Stadion Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Gol kemenangan Real Madrid dicetak Vinicius Junior pada babak kedua. Ini menjadi trofi Liga Champions ke-14 untuk raksasa Spanyol tersebut.

Liverpool langsung tampil menekan begitu peluit tanda pertandingan dimulai dibunyikan. Hal ini menyebabkan Real Madrid sulit membangun serangan yang dimulai dari kiper Thibaut Courtois.

Liverpool mendapat peluang mencetak gol di menit ke-15. Tapi, tembakan Mohamed Salah meneruskan umpan Trent Alexander-Arnold masih bisa ditepis Courtois.

Semenit kemudian, Courtois masih bisa mengantisipasi tendangan Thiago Alcantara. Sementara itu, tendangan Alexander-Arnold dari dalam kotak penalti masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Liverpool kembali mengancam Real Madrid, kali ini lewat Sadio Mane di menit ke-20. Namun, tendangan Masih yang ditepis Courtois masih membentur tiang gawang. Sedangkan tandukan Salah pada menit ke-34 mengarah tepat ke pelukan courtois

Real Madrid mencoba mengancam di menit ke-36 lewat kerja sama Karim Benzema dan Vinicius Junior. Tetapi, Jordan Henderson dengan sigap menghalau umpan Benzema sebelum ditendang Vinicius di kotak penalti.

Di menit ke-34, Real Madrid sempat mencetak gol lewat Benzema. Tapi, gol itu kemudian dianulir setelah wasit Clement Turpin setelah meminta bantuan VAR dan menyatakan penyerang asal Prancis itu dalam posisi offside.

4 dari 4 halaman

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Real Madrid mencoba mengambil inisiatif serangan. Namun, Liverpool masih uggul dalam penguasaan bola.

Terus diserang, Real Madrid justru bisa mencetak gol di menit ke-59. Umpan mendatang Federico Valverde dengan mudah diceploskan Vinicius Junior yang tanpa kawalan ke gawang Liverpool yang dijaga Alisson Becker. Skor 1-0 untuk Real Madrid.

Liverpool mencoba mencetak gol balasa. Tapi, tendangan melengkung Mohamed Salah di menit ke-64 dengan gemilang ditepis kiper Real Madrid Thibaut Courtois.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp memainkan Diogo Jota di menit ke-65. Tiga menit kemudian, sundulan Jota yang diteruskan Salah di samping kanan gawang Real Madrid masih membentur kaki Courtois.

Untuk menambah daya serang, Klopp kemudian juga memasukkan Naby Keita dan Roberto Firmino di menit ke-75. Kedua pemain ini menggantikan Jordan Henderson dan Thiago Alcantara.

Liverpool terus menyerang. Tapi, tendangan Salah yang dibelokkan Jota di menit ke-80 masih bisa diantisipasi Courtois. Kiper asal Belgia itu kembali menggagalkan peluang mencetak gol Salah setelah menghalau tembakan penyerang asal Mesir itu dengan tangan kanannya.

Di menit ke-85, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memaikan Eduardo Camavinga untuk menggantikan Federico Valverde karena cedera. Empat menit kemudian, giliran Luka Modrid yang digantikan Dani Ceballos.

Liverpool terus mencoba mencetak gol penyeimbang. Namun, hingga tambahan waktu lima menit tidak ada gol yang tercipta. Real Madrid pun menang 1-0 dan menjadi juara.