Sukses

Mengenal Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi yang Akan Bela Timnas Indonesia

PSSI akan menaturalisasi pemain berkebangsaan Belanda, Shayne Pattynama. Shayne diperkirakan akan datang ke Jakarta pekan depan untuk melakukan proses naturalisasi untuk membela timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Pemain berkebangsaan Belanda, Shayne Pattynama akan menjalani proses naturalisasi agar dapat membela timnas indonesia. Dikutip dari laman resmi PSSI, Shayne Pattynama telah bersedia dan akan segera datang ke Jakarta pekan depan. 

“Shayne sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses natualisasinya. Atas arahan Ketua Umum, PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai,” kata Sekjend PSSI, Yunus Nusi. 

Shayne Pattynama sendiri merupakan pemain muda denan sejumlah prestasi. Dia mengawali karier sepak bolanya ketika bergabung ke sekolah sepak bola Lelysta67. Setelah itu, bakatnya pun terpantau oleh pemandu bakat klub sepak bola Ajax Amsterdam

Shayne kemudian bergabung dengan tim muda Ajax selama 3 tahun. Namun, saat bersama tim muda Ajax Amsterdam, Shayne kurang berkembang. Dia lantas pindah ke tim mudah klub Eredivisie, FC Utrech. 

Sayangnya, dia juga tidak mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan ke tim senior sampai akhirnya dia memutuskan untuk hijrah ke Telstar yang ketika itu bermain di Liga 2 Belanda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telstar dan FK Viking

Shayne Pattynama mencatatkan hasil yang baik saat memperkuat Telstar. Dia berhasil tampil 45 pertandingan dan berhasil mencetak 5 gol untuk timnya. 

Dengan penampilannya yang gemilang, Telstar kemudian mengoperkan Shayne ke klub Norwegia, FK Viking. Menurut data dari laman Transfermarker, nilai Shayne Pattynama saat pindah ke FK Viking mencapai Rp5,6 miliar. 

Dikutip dari laman Transfermarker, Shayne dipercaya bermain sebanyak 9 kali dengan durasi waktu 543 menit. Dia menempati posisi bek kiri.

3 dari 3 halaman

Profil Shayne Pattynama

Nama Lengkap: Shayne Pattynama

Tempat/Tanggal Lahir: Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998

Usia: 23 Tahun

Posisi: Bek Kiri

Klub Saat ini: FK Viking

Kompetisi: Eliterserien (Divisi Utama Norwegia) 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.