Sukses

Hasil Liga Italia: Raih Scudetto ke-19, AC Milan Pesta di Sassuolo

Liputan6.com, Jakarta Penantian panjang AC Milan merengkuh gelar juara Liga Italia akhirnya berakhir di markas Sassuolo. Rossoneri merengkuh scudetto musim 2021/2022 usai kalahkan tuan rumah 3-0 di Stadion Mapei, Minggu malam WIB (22/5/2022).

Kemenangan AC Milan ditentukan dua gol Olivier Giroud dan Franck Kessie. Tuan rumah hingga akhir laga tak mampu memperkecil ketinggalan.

Dengan hasil ini, AC Milan juga sukses menyudahi paceklik gelar Liga Italia mereka yang telah berlangsung 11 tahun. Sebelumnya, kali terakhir skuad Rossoneri juara Liga Italia yaitu pada musim 2010-2011.

Keberhasilan Rossonesi scudetto sekaligus menambah total trofi Liga Italia mereka. Hingga saat ini, Milan meraih 19 gelar scudetto.

AC Milan sebenarnya hanya membutuhkan satu poin untuk mengamankan gelar Liga Italia, karena mereka memiliki rekor head-to-head superior dengan rival bebuyutannya Inter Milan dan keunggulan dua poin menuju babak final.

2 dari 4 halaman

Peringkat Kedua

Saat Milan menang, Inter juga menang 3-0 di markas sendiri saat menjamu Sampdoria. Tiga gol Inter dilesakkan Ivan Perisic, dan Joaquin Correa. Hasil itu membuat Inter mengakhiri Liga Italia 2021-2022 di peringkat kedua klasemen dengan raihan 84 poin.

Nerazzurri, julukan Inter, terpaut dua angka dari AC Milan yang memastikan diri sebagai juara usai mengantongi 86 poin.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

AC Milan memang cukup mendominasi laga. Giroud sudah mendapat peluang di menit-menit awal. Namun, tembakannya terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi kiper Sassuolo Andrea Consigli.

Akhirnya Giroud berhasil membawa Milan unggul 1-0 pada menit ke-17. Mendapat umpan dari Rafael Leao, mantan pemain Chelsea itu melepaskan tembakan kaki kiri dan bola bersarang di gawang lawan.

Milan bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-32 melalui tendangan Giroud. Proses gol kedua Milan bermula dari kesalahan bek Sassuolo yang kehilangan bola setelah dibayang-bayangi Rafael Leao.

Usai melewati dua pemain Sassuolo, Leao sebelum mengumpan bola ke tengah kotak penalti. Giroud yang sudah menanti datangnya bola langsung melepaskan tembakan kaki kiri dan tak bisa diantisipasi kiper Sassuolo.

Rafael Leao kembali menciptakan assist untuk gol ketiga Milan yang dicetak pada menit ke-36 berkat Franck Kessie. Gol Franck Kessie itu sekaligus mengantarkan AC Milan unggul 3-0 atas Sassuolo pada babak pertama.

Tak ad gol lagi yang tercipta pada sisa pertandingan. AC Milan meraih kemenangan 3-0 atas Sassuolo sekaligus memastikan gelar juara Liga Italia 2021-2022.

4 dari 4 halaman

Klasemen