Sukses

MotoGP Mandalika 2022: Sandiaga Uno Ikut Saksikan Aksi Pembalap Kelas Dunia

Menparekraf RI Sandiaga Uno hadir untuk menyaksikan balapan MotoGP Mandalika 2022 yang dijadwalkan berlangsung Minggu (20/3/2022) siang WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno turut menyaksikan Pertamina Grand Prix of Indonesia alias MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung hari ini.

Kabar tersebut disampaikan oleh wartawan Liputan6.com Thomas yang hadir di lokasi perlombaan. Menurut pantauan, Sandiaga Uno bersama rombongannya telah tiba di Sirkuit Mandalika sejak Minggu (20/3/2022) siang.

Terdapat pula sejumlah selebritas seperti Donna Agnesia dan Darius Sinathrya yang bertolak ke Lombok demi menyaksikan MotoGP Mandalika 2022.

Sebagai informasi, MotoGP Mandalika merupakan seri kedua MotoGP musim ini. Adapun, seri perdana sebelumnya digelar di Losail International Circuit, Qatar, pada Minggu (6/3/2022) lalu.

MotoGP Mandalika yang diberi nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia merupakan momen bersejarah bagi Tanah Air. Pasalnya, ini menjadi kali pertama Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah seri MotoGP setelah 25 tahun.

Adapun Indonesia terakhir kali mengecap kesempatan serupa ketika menggelar seri MotoGP musim 1996 dan 1997. Kala itu, balapan dihelat di Sentul International Circuit, Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diguyur Hujan

Gelaran MotoGP Mandalika 2022 harus tertunda akibat hujan lebat di area Sirkuit. Menurut laporan Liputan6.com di tempat kejadian, para pembalap masih berada di paddock hingga pukul 14.55 WITA (13.55 WIB), meski balapan dijadwalkan berlangsung pada pukul 15.00 WITA.

Mobil safety car pun terus berupaya mengecek kondisi di sekeliling sirkuit. Terlepas dari hal ini, penonton tetap menunjukkan antusiasme terhadap MotoGP Mandalika 2022. Mereka terlihat sabar menanti jalannya balapan di tengah guyuran hujan.

3 dari 4 halaman

Marc Marquez

Marc Marquez merupakan salah satu pembalap yang paling dinanti kehadirannya di MotoGP Mandalika 2022. Sayangnya, rider Repsol Honda itu dipastikan tak ikut mengaspal di Sirkuit Mandalika siang ini, usai mengalami kecelakaan hebat dalam sesi pemanasan pagi tadi.

Marquez mengalami highside dan terlempar dari motornya di Tikungan 7. Pembalap yang dijuluki The Baby Alien itu pun segera dilarikan ke rumah sakit Mataram untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa waktu setelahnya, pihak MotoGP mengonfirmasi Marquez mundur dari balapan di seri kedua. Repsol Honda melalui Twitter resminya juga menyatakan bahwa Marquez kini sedang berada dalam kondisi tidak fit, sehingga batal tampil di MotoGP Mandalika 2022.

"@marcmarquez93 dinyatakan tidak fit setelah pemeriksaan di rumah sakit setempat dan oleh staf sirkuit dan dokter," beber Repsol Honda dalam cuitan di Twitter resminya.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.