Sukses

Satu Lagi Alasan untuk Waspadai Varian Omicron, Apa Itu?

Seperti diketahui covid-19 kini memiliki varian Omicron. Meski punya gejala lebih ringan daripada varian Delta, omicron tetap membahayakan mereka yang positif.

Liputan6.com, Jakarta Pasien yang mengidap penyakit bawaan alias komorbid lebih berisiko meninggal dunia jika terjangkit covid-19 varian Omicron. Demikian diterangkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

"Pada pasien varian Omicron dengan komorbid memiliki risiko 3,9 kali lebih besar untuk meninggal dibandingkan dengan pasien tanpa komorbid," kata Budi Gunadi saat webinar ilmiah RSUP Persahabatan bertajuk Mortalitas COVID-19 di Era Omicron, ditulis Senin (7/3/2022).

Selain pasien dengan komorbid, pasian usia lansia juga punya risiko lebih besar daripada non-lansia yakni sekitar 4,1. Meskipun, angka itu lebih kecil daripada varian Delta.

"Angka kematian cukup rendah 0,8 persen dibandingkan dengan 5,3 persen rasio kematian untuk varian Delta," lanjutnya.

Seperti diketahui covid-19 kini memiliki varian Omicron. Meski punya gejala lebih ringan daripada varian Delta, omicron tetap membahayakan mereka yang positif.

Berdasarkan kajian dari beberapa negara, Omicron menyebabkan penyakit dengan gejala yang tidak terlalu berat dengan waktu rawat hanya 3,4 hari dibandingkan varian sebelumnya yang 7,8 hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karena Beberapa Kondisi

Ada beberapa kondisi yang membuat ancaman Omicron patut diwaspadai. Dua di antaranya adalah vaksinasi dan kesadaran masyarakat.

Menurut Budi, dua hal itu sangat berpengaruh dalam penyebaran Omicron.

"Tergantung dari beberapa kondisi, yaitu bagaimana transmisi Omicron tersebut, seberapa jauh cakupan vaksinasi, dan bagaimana virulensi dibandingkan yang lain," tambahnya.

"Hal yang juga sangat berpengaruh adalah pemahaman masyarakat terhadap risiko, dinamika kesehatan masyarakat, dan indikator sosial terhadap penyakit Omicron." kata Budi mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.