Sukses

Sering Ikut Kompetisi dan Uji Tanding, Menpora Yakin Penampilan Timnas Indonesia Makin Terasah

Menpora menilai timnas Indonesia U-23 asuhan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong memiliki masa depan cukup baik.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji hasil positif yang diraih Timnas Indonesia usai dua kali menaklukkan Timor Leste pada laga persahabatan FIFA Match Day.

Timnas Indonesia menang 4-1 pada leg pertama. Kemudian kembali unggul 3-0 pada laga kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu malam (30/1/2022).

Terkait dengan pencapaian itu, Menpora menilai timnas Indonesia U-23 asuhan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong memiliki masa depan cukup baik.

"Kita punya harapan terhadap anak-anak kita, walaupun meski masih harus digenjot lagi. Anak-anak yang usianya masih muda ini masih ada peluang untuk diturunkan di 2023 nanti," kata Menpora Amali, seperti dikutip dari situs Kemenpora.

Selanjutnya, dikatakan Menpora, makin banyak kompetisi dan uji tanding yang dilakoni bisa membuat penampilan timnas semakin matang dan terasah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makin Terasah

"Semakin banyak pertandingan yang diikuti mereka akan semakin terasah. Latihan sebanyak apapun tanpa kompetisi, tanpa uji tanding tidak akan bisa kita lihat hasilnya," ujarnya.

Karena itu, pemerintah mendukung PSSI untuk berjalannya kompetisi karena ujungnya kompetisi adalah menghasilkan timnas, tidak hanya sekedar bergulirnya kompetisi tapi kompetisi harus bertujuan menghasilkan timnas. "Timnas sudah ke arah yang lebih baik meski belum optimal," jelas Menpora Amali.

3 dari 4 halaman

Peringkat FIFA

Seperti diketahui, pertandingan persahabatan Timnas Indonesia vs Timor Leste di leg kedua berhasil dimenangkan skuad Garuda Muda 3-0. Sebelumnya, di leg pertama Indonesia unggul 4-1. Kemenangan ini membuat timnas Indonesia berada di peringkat 158 dunia.

Sejak babak pertama dimulai Timnas Indonesia telah menekan pertahanan Timor Leste. Hasilnya di menit keenam, Garuda Muda berhasil membobol pertahanan Timor Leste melalui tendangan Terens Owang Priska Puhiri.

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

Tertinggal 0-1 Timor Leste mencoba mengejar ketertinggalan, bahkan tim asuhan Paulo Da Silva ini sempat membahayakan gawang Nadeo Winata di menit ke-18.

Indonesia menambah kemenangan lewat gol dari tendangan jarak jauh Rumakiek. Bola tak sempat ditepis penjaga gawang Timor Leste Junildo Manuel.

Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan timnas Indonesia hingga babak pertama berakhir. Di babak kedua timnas Garuda berhasil menambah satu gol melalui Ricki Kambuaya dimenit ke-71. Hasil akhir 3-0 untuk timnas Garuda Muda tak terkejar Timor Leste.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.