Sukses

Bola Ganjil: Posisi Bek, Sukses Cetak Gol di 5 Divisi Berbeda

Liputan6.com, Jakarta - Karier sebagai pesepak bola tidak mudah. Seperti profesi lain, mereka yang berminat mencari nafkah di bidang ini harus memulai dari bawah.

Namun, perjalanan tersebut menghadirkan petualangan luar biasa. Steve Finnan salah satunya.

Menimba ilmu di Akademi Wimbledon tapi gagal mendapat kontrak, dia terjun ke kasta terendah untuk memulai dari awal. Finnan bergabung dengan Welling United yang berada di Divisi V.

Penampilan bersama Welling United langsung mengangkat Finnan ke Birmingham City yang berkompetisi di Championship (Divisi II).

Gagal mendapat tempat di tim utama, Finnan hijrah ke Notts County yang tampil di League One (Divisi III). Dia dibeli setelah tampil mengesankan setelah sempat menjalani masa pinjaman. Bersama Notts County pula Finnan sempat menjajal League Two (Divisi IV).

Dia selanjutnya pergi ke Fulham yang berada di Championship. Di sana Finnan membawa The Cottagers promosi ke kasta tertinggi pada 2001/2002. Kematangan sosok asal Republik Irlandia itu kemudian meyakinkan Liverpool untuk menggaetnya tahun 2003.

Perjalanan tersebut membantu Finnan menggorehkan rekor unik yang jarang terjadi.

 

2 dari 3 halaman

Prestasi Unik

Menjajal sejumlah klub di berbagai kasta memberi kesempatan bagi Finnan untuk menggoreskan sejarah. Dia jadi salah satu dari sedikit pemain yang bisa mencetak gol di lima kasta berbeda. Capaiannya terasa lebih fantastis karena Finnan beroperasi di lini belakang.

Finnan membuka koleksi saat membela Welling United pada Divisi V musim 1994/1995. Dia lalu menyumbang gol bagi Birmingham City di Championship 1995/1996.

Selanjutnya Finnan mencatatkan nama di papan skor bagi Notts County pada League One (1995/1996) dan League Two (1997/1998).

Finann lalu menggenapi capaian dengan mencetak gol di Premier League melawan West Bromwich Albion di musim 2004/2005.

3 dari 3 halaman

Ada Juga yang 4 Divisi

Jimmy Willis dan Gary Hooper menorehkan hal sama seperti Finnan. Patut disebut pula sejumlah pemain yang mencetak gol di empat divisi berbeda yakni John Lundstram, Ian Ashbee, dan Lyle Taylor.