Sukses

Thomas Tuchel Mulai Gugup di Chelsea

Emmanuel Petit menilai Manajer Chelsea Thomas Tuchel tampaknya saat ini tidak memiliki kepercayaan diri yang sama seperti pertama kali datang ke Stamford Bridge.

Liputan6.com, London - Thomas Tuchel tampaknya tidak memiliki kepercayaan diri yang sama seperti dulu di Chelsea. Ini menurut eks gelandang The Blues Emmanuel Petit, yang memperingatkan situasi terkini sang ahli taktik di Stamford Bridge.

Menurutnya, Thomas Tuchel mulai menunjukkan tanda-tanda kehilangan kesabaran. Kondisi itu mirip dengan apa yang terjadi selama juru taktik asal Jerman ini melatih Paris Saint-Germain.

Tuchel dua musim menjadi pelatih PSG, yakni 2018 hingga 2020. Ia dua kali membawa PSG juara Ligue 1 dan menjadi runner up Liga Champions 2019/20.

"Apa yang terjadi di lapangan untuk Chelsea sekarang mengingatkan saya tentang bagaimana rasanya di bawah Tuchel di Paris Saint-Germain ketika segala sesuatunya mulai salah di sana," kata Emmanuel Petit kepada bookmakers.co.uk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Romelu Lukaku

Masalah yang dialami Thomas Tuchel dimulai dari surat kabar. Tekanan datang dari media, penggemar, dan pemain kuat di klub.

Salah satu episode panas datang saat Romelu Lukaku membidik Tuchel dalam wawancara dengan Sky Sports, Desember 2021. Penyerang asal Belgia itu mengklaim dia tidak senang dengan situasinya di klub dan menilai Tuchel telah memilih untuk bermain dengan sistem lain.

"Sikap keren yang dia miliki tidak ada di sana. Dia menjadi agresif dan juga mencari-cari alasan dari luar klub. Apa yang terjadi dengan Lukaku seperti melemparkan minyak ke api dan tiba-tiba meledak," ucap Tuchel.

 

3 dari 3 halaman

Pengaruh Tuchel

Petit juga membandingkan pengaruh Tuchel dalam beberapa bulan pertamanya di Chelsea dengan situasinya saat ini. "Klub adalah pemegang trofi Liga Champions saat ini dan mereka memenangkannya setelah Thomas Tuchel tiba," ujar mantan pemain timas Prancis tersebut.

"Mereka telah melakukannya dengan sangat baik dalam hal hasil, semangat juang, dan kerja tim."

"Tuchel juga melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam hal taktik, tetapi selama beberapa minggu terakhir dan saya tak tahu apakah itu karena hasil, pemain tidak tersedia akibat cedera dan Covid, atau hubungannya dengan beberapa pemain - dia terlihat sangat gugup," kata Petit.

"Tuchel tampaknya tidak memiliki kepercayaan diri yang sama seperti dulu di Chelsea."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.