Sukses

Jelang Timnas Indonesia Vs Singapura, Shin Tae-yong Serukan Penggunaan VAR di Piala AFF

Pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 melawan timnas Singapura, gelandang timnas Indonesia, Rizky Kambuaya sempat dilanggar di kotak penalti.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyerukan penggunaan VAR (Video assistant referee) di Piala AFF. Berkaca dari pengalamanya saat memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu, Shin Tae-yong berharap teknologi tersebut juga bisa diterapkan di turnamen antarnegara se-Asia Tenggara itu.

"Sebagai pelatih kepala yang menghadiri Piala Dunia, saya punya pengalaman soal VAR dan melihat teknologi ini penting untuk setiap turnamen sepak bola hari ini. Dalam pertandingan penting, ketika para pemain dari kedua belah pihak berusaha keras, keputusan wasit yang salah akan merusak dan membahayakan hasil laga," kata pelatih Shin Tae-yong dalam konferensi pers siang tadi dilansir dari Soha. 

Pada kesempatan yang sama, Shin pun menyampaikan hasil pengamatannya terhadap tayangan ulang pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12/2021). Dalam laga tersebut, menurutnya, Indonesia seharusnya mendapat hadiah penalti dari wasit. 

"Saya menonton video pertandingan dengan cermat dan melihat bahwa kami seharusnya diberikan tendangan bebas. Penalti di babak kedua, bukan alih-alih tendangan bebas langsung," katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buntut Insiden Kambuaya?

Timnas Indonesia seperti diketahui harus puas bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Keunggulan Skuat Garuda yang diciptakan Witan Sulaeman pada babak pertama berhasil dibalas oleh striker The Lions, Ikhsan Fandi di babak kedua. 

Rikcy Kambuaya sebenarnya sempat dijatuhkan oleh bek Singapura Nazrul Nazari di dalam kotak penalti. Namun wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon, hanya menghadiahkan tendangan bebas. 

 

3 dari 4 halaman

Singgung Duel Thailand vs Vietnam

“Pada pertandingan antara timnas Vietnam dan Thailand tadi malam, saya juga melihat situasi di mana Vietnam pantas diberikan penalti oleh wasit. Secara umum, Piala AFF membutuhkan VAR untuk meningkatkan citra turnamen," ujar Shin Tae-yong menambahkan. 

Seperti diketahui, Timnas Thailand berhasil mengalahkan Vietnam 2-0 pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020. Namun sejumlah keputusan kontroversial mewarnai laga ini, termasuk kartu kuning yang diterima kiper Thailand, Chatchai Budprom, yang hanya diganjar kartu kuning usai menjatuhkan pemain Vietnam, Van Toan. Padahal pelanggaran terjadi di luar kotak penalti dan Budprom menjadi orang terakhir yang menghalangi langkah Van Toan dalam mencetak gol ke gawang Gajah Perang.  

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Sementara itu, Timnas Indonesia kembali akan berjumpa Singapura di Sigapore National Stadium, Sabtu (25/12/2021) kick off pukul 19.30 WIB. Pemenang duel ini bakal melangkah ke final. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.