Sukses

Mengejutkan! Wonderkid Barcelona Putuskan Pindah Tim Nasional Pada Usia 18 Tahun

Pemain muda Barcelona Ilaix Moriba kabarnya memutuskan untuk berpindah tim nasional di usianya yang menginjak 18 tahun

Liputan6.com, Jakarta- Pemain muda Barcelona Ilaix Moriba telah membuat keputusan penting terkait masa depannya di dunia sepak bola. Melansir SportBible, pemain berusia 18 tahun tersebut sebelumnya diketahui merupakan warga negara Spanyol.

Moriba pun tercatat telah membela La Roja di berbagai level junior, termasuk lima penampilan di tim U-17. Akan tetapi, sang wonderkid Barcelona kabarnya telah memutuskan untuk membela timnas Guinea.

Hal ini dilakukan usai pertemuan sang pemain dengan ayahnya dan sejumlah petinggi di federasi sepak bola Guinea. Dengan demikian, Moriba dipastikan bakal mewakili timnas negara kelahirannya di masa depan.

Dikutip dari SportBible, Moriba sempat menolak tawaran tersebut pada 2017. Akan tetapi, kini sang pemain telah secara efektif mengundurkan diri dari timnas Spanyol dan memastikan dirinya tersedia untuk membela negara Afrika.

Lebih lanjut, AS bahkan meyakini bahwa Moriba akan menjadi bagian dari skuad Guinea dalam pertandingan melawan Maroko pada Oktober mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Moriba di Barcelona

Dikutip dari SportBible, Moriba bergabung dengan Barcelona dari Espanyol pada 2010 usai pindah ke Spanyol sebagai pemain muda. Ia naik pangkat dan masuk ke tim utama pada musim lalu.

Akan tetapi, pemain muda tersebut saat ini berada di tengah kebuntuan kontrak dengan klub. Sejumlah laporan mengeklaim bahwa ia menuntut kenaikan gaji besar yang akan membuatnya memperoleh lebih dari 100.000 euro per minggu.

3 dari 4 halaman

Respons Ronald Koeman

Di tengah kesulitan finansial yang sedang dialami Blaugrana, manajer klub Ronald Koeman secara terbuka memanggil Ilaix Moriba dan perwakilannya.

“Ilaix? Saya berbicara dengan Ilaix Moriba, dua atau tiga minggu lalu, lebih sebagai individu dibanding pelatih. Situasinya mengerikan karena dia baru berusia 18 tahun. Dia adalah masa depan klub dan saya tahu klub mencintainya,” tutur Koeman seperti dilansir dari SportBible.

“Saran saya, uang bukanlah hal yang paling penting. Yang benar adalah saya kecewa padanya (Moriba) dan agennya. Saya lebih percaya pada sepak bola daripada uang,” pungkas manajer asal Belanda tersebut.

4 dari 4 halaman

Moriba: Tak Ada yang Tahu Kebenarannya

Moriba memberi tanggapan terkait komentar yang dilontarkan sang manajer, dengan mengunggah sebuah kutipan melalui fitur story di Instagram-nya yang berbunyi, “Ribuan rumor dan tidak ada yang tahu kebenarannya.”

Sayangnya, dengan masalah yang masih belum terselesaikan, Barcelona belum mengizinkan Moriba bermain. Ia bahkan tak dimasukkan ke bangku cadangan untuk tim B klub pada awal bulan ini.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.