Sukses

Perolehan Medali Indonesia di Olimpiade dari Masa ke Masa

Pertama kali mengikuti Olimpiade pada 1952 di Helsinki, Finlandia, Indonesia harus menunggu cukup lama untuk merasakan kenikmatan naik podium.

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kali mengikuti Olimpiade pada 1952 di Helsinki, Finlandia, Indonesia harus menunggu cukup lama untuk merasakan kenikmatan naik podium.

Momen yang ditunggu akhirnya datang pada Seoul 1988. Trio Srikandi Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani mempersembahkan medali perak dari nomor tim putri cabang olahraga panahan.

Capaian tersebut menjadi modal sangat berharga bagi pelaku olahraga Tanah Air. Kesuksesan tim panah putri menumbuhkan kesadaran kalau Indonesia bisa bersaing dengan dunia.

Semangat untuk berlatih dan berkompetisi berkobar sehingga hasilnya terlihat pada edisi-edisi berikutnya. Indonesia merebut medali emas pertama empat tahun berselang atas nama Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

Tradisi Indonesia menyabet medali di Olimpiade pun berlanjut hingga sekarang.

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1992 Tersukses

Barcelona 1992 sekaligus jadi panggung tersukses Indonesia. Selain pasangan emas Susi dan Alan, Merah Putih membawa pulang medali lain.

Ardy B Wiranata (tunggal putra) dan Eddy Hartono/Rudy Gunawan (ganda putra) merebut perak dengan Hermawan Susanto (tunggal putra) membawa pulang perunggu.

 

3 dari 5 halaman

Terbaik 6 Medali

Jika membicarakan total medali, Sydney 2000 dan Beijing 2008 jadi capaian terbaik Indonesia. Di sana masing-masing Skuat Garuda merebut enam medali, meski hanya satu yang berwarna emas.

Sementara London 2012 jadi pengalaman buruk yang layak dilupakan. Tradisi emas Indonesia terhenti di sana. Bulu tangkis yang sebelumnya jadi andalan gagal total dan tidak meyumbang medali.

Ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir berkesempatan meraih perunggu, tapi kalah dari pasangan Denmark. Beruntung Indonesia memiliki atlet angkat besi yang menggenggam dua perak dan satu perunggu.

4 dari 5 halaman

Owi/Butet Bayar Kegagalan

Tontowi/Liliyana membayar kegagalan dengan merebut emas pada edisi selanjutnya Rio de Janeiro 2016. Kini Indonesia berharap dapat mempertahankan tradisi kesuksesan lewat 28 atlet yang terjun di Olimpiade Tokyo 2020.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.