Sukses

Tak Tergiur Hadiah Piala Menpora 2021, Persib Fokus Ini

Liputan6.com, Bandung - Nahkoda Persib Bandung Robert Rene Alberts angkat bicara soal hadiah di turnamen Piala Menpora 2021. Ia mengaku tak tergiur pada uangĀ dan menyatakan akan fokus pada persiapan Persib menghadapi Liga 1 2021.

"Ya, kami juga menerima kabar soal banyaknya total uang hadiah, banyak juga hadiah untuk perorangan seperti pemain terbaik, top skorer dan lainnya. Tapi maaf, saya mempunyai opini yang sangat berbeda soal itu," kata Robert, Rabu (3/3/2021).

Menurut Robert, hadiah di Piala Menpora bukan menjadi tujuan utama Persib. Termasuk soal menjadi juara di turnamen pramusim tersebut bukanlah fokus utamanya.

"Ini bukan turnamen yang setiap tim ingin menjadi juaranya. Ini turnamen untuk mendapat izin menggelar liga, jadi hanya sekedar bermain uji coba di dalam turnamen, tidak masalah menang atau kalah," cetus pelatih asal Belanda itu.

Jika hadiah yang sangat besar disiapkan, menurut Robert, tim seolah dibuat untuk berlomba memenangkan pertandingan. Ia justru mengkhawatirkan hadiah dalam turnamen pramusim ini membuat fokus pertandinganĀ tertuju ke hadiah besar.

"Sebab banyak orang yang tidak bisa mendapatkan uang, terutama jika pemain dan ofisial tidak digaji. Itulah kenapa harus melihat semua aspek sebelum memulai lagi liga setelah terhenti setahun," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Tidak Targetkan Juara

Robert menyatakan Persib tidak mengincar posisi juara di Piala Menpora 2021. Ia menyebut akan memaksimalkan penampilan di Piala Menpora untuk menghadapi kompetisi resmi.

"Di turnamen ini, lebih penting bagi pemain kembali bermain sebab kami belum berlatih dengan kekuatan penuh. Dan untuk memenuhi ekspektasi orang-orang menjadi juara hanya berlatih kurang lebih tiga pekan, menurut saya itu berlawanan dengan logika pengetahuan sepakbola saya," ungkapnya.

Dalam masa persiapan ini Robert memprogramkan kepada pemainnya untuk memulihkan kebugaran. Tidak untuk ngotot mengejar hadiah turnamen.

"Karena akan ada tim yang bermain all out untuk menang mengingat ada uang besar yang ditawarkan. Jadi kami mempunyai opini yang berbeda dan akan menikmati turnamen ini untuk menatap liga," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Hadiah Piala Menpora

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan hadiah juara Piala Menpora 2021. Sang pemenang akan diganjar Rp 2 miliar.

Peringkat kedua meraup Rp 1 miliar, sedangkan peringkat ketiga dan keempat berturut-turut mendapatkan Rp 750 juta dan Rp 500 juta.

Di luar hadiah untuk empat besar, PT LIB juga memberikan hadiah untuk beberapa kategori lain. Pemain terbaik Piala Menpora 2021 berhak atas uang sebesar Rp 100 juta. Lalu, pemain muda terbaik diganjar hadiah Rp 50 juta.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Persib Berikut Ini