Sukses

Persib Bandung Latihan Perdana, Pemain Asing Masih Absen

Liputan6.com, Bandung - Skuat Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Senin (1/3/2021). Dalam sesi latihan perdana tim di tahun 2021 setelah diliburkan sekitar tiga bulan, para pemain asing masih belum hadir.

Seluruh pemain, pelatih, dan ofisial menerapkan protokol secara ketat dalam sesi latihan yang dipimpin langsung pelatih Robert Rene Alberts. Adapun tim pelatih Persib terus melakukan persiapan menghadapi turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang menurut rencana digelar 20 Maret mendatang.

Bek asal Belanda Nick Kuipers dan penyerang asal Brasil Wander Luiz tidak tampak dalam sesi latihan pagi itu. Diketahui, Nick tengah menjalani isolasi mandiri setelah kembali dari Belanda. Sedangkan Wander Luiz akan bertolak ke Bandung dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, para pemain muda juga terlihat hadir di sana. Ada delapan pemain dari Bandung United yang ikut berlatih bersama Persib yakni Muhammad Natshir, Ilham Qolba, M Wildan Ramdhani , Agung Mulyadi, Julius Josel, Indra Mustafa, Pian Hadiansyah, dan Puja Abdillah.

Sebelumnya mereka sempat terdaftar sebagai pemain Maung Bandung, namun kemudian diperbantukan untuk kebutuhan tim satelit Persib. Begitu juga M Nasir, yang bergabung bersama Bandung United untuk pemulihan kondisi fisik pasca cedera.

Selain itu, sesi latihan kali ini juga sudah diikuti oleh pemain muda rekrutan tahun lalu, Bayu Fiqri. Ia baru bergabung setelah pulang membela Tim Nasional Indonesia U-19.

Selain Bayu, terdapar wajah Achmad Jufriyanto. Ia bergabung kembali setelah satu musim dipinjamkan ke Bhayangkara FC.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Soroti Kebugaran

Pelatih Robert Rene Alberts menyambut gembira latihan yang diikuti para pemain. Hal ini menandakan akan tentang masa depan musim 2021 yang akan segera dimulai.

"Ya perasaan yang bagus, semua kembali ke lapangan dengan sebuah harapan tentang masa depan dan ini adalah langkah pertama. Kami berjalan setiap langkah, harus memastikan kapanpun liga dimulai dan di sana kami harus sudah siap," ujar Robert dalam jumpa pers virtual.

Terkait bergabungnya beberapa pemain Bandung United, Robert menyatakan itu hal yang wajar. Sebab, belum ada kejelasan terkait gelaran Liga 3 akan dimulai.

"Karena Liga 3 belum ada kabar apapun dan dan seperti yang saya katakan tadi, ini awalan yang santai karena kami belum tahu kabar apapun mengenai liga. Jadi, pemain Bandung United berlatih bersama kami karena pada prinsipnya mereka adalah pemain kami tapi kami ingin memberikannya waktu bermain di divisi 3," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Kondisi Pemain

Disinggung soal kondisi pemainnya, Robert mengaku belum puas. Namun ia bisa memaklumi karena bisa dibilang selama setahun belakangan tidak ada kompetisi resmi yang diikuti pemain.

"Tentunya bisa dilihat mereka terlihat seperti 'berkarat' tapi itu normal, karena mereka tidak bermain selama satu tahun. Jadi tidak bisa berharap apapun. Kami memberikan waktu kepada pemain untuk merasakan berada di atas rumput lagi, merasakan bermain bola, bersama-sama di ruang ganti. Itu butuh waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan bagaimana beraktivitas di level tertinggi dalam sepak bola," katanya.

Sementara itu, terkait gelandang Gian Zola yang juga absen, Robert menerangkan karena dia mengalami cedera. Sehingga Zola membutuhkan waktu untuk menyembuhkan cederanya.

"Zola masih mengalami cedera karena insiden yang menimpa kakinya. Tiga hari lalu dia belum pulih dan bisa memakai sepatu jadi dia masih harus absen dalam beberapa periode ke depan," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Persib Berikut Ini