Sukses

Kaleidoskop 2020 : 5 Atlet Dunia yang Terjangkit Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona Covid-19 mengancam siapa saja. Tidak peduli tua muda, lelaki perempuan, termasuk juga kalangan atlet yang sudah terbiasa hidup sehat dan memiliki kondisi fisik prima.

Di sepak bola, beberapa nama sempat dinyatakan positif Covid-19. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, Paulo Dybala, dan lainnya.

Sementara dari dunia balap, Valentino Rossi sempat dua kali dinyatakan terjangkit virus tersebut. Juara dunia Formula 1 2020 Lewis Hamilton juga terpapar virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Dari kompetisi bola basket paling ternama, NBA, sejumlah pemain dinyatakan terjangkit virus tersebut. Kevin Durant dan tiga rekannya di Brookly Nets nyatakan positif virus.

Berikut kami rangkum 5 atlet dunia yang terjangkit Covid-19 sepanjang 2020.

 

 

2 dari 7 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo pertama kali dinyatakan positif Covid-19 pada 13 Oktober 2020. Bintang Juventus itu diduga terpapar saat memperkuat Timnas Portugal. Sebab, kiper Timnas Portugal Anthony Lopez telah lebih dulu positif.

Ronaldo kemudian mengisolasi diri selama 10 hari untuk melakukan tes kedua. Namun, hasil tes kedua yang dilakukan pada 23 Oktober menunjukkan pemain berusia 35 tahun tersebut masih positif.

Selama dinyatakan sebagai pasien Covid-19, Ronaldo tidak menunjukkan gejala. Dengan demikian, dia adalah pasien tanpa gejala. Ronaldo kemudian menjalani tes ketiga. Tapi, lagi-lagi hasilnya positif.

Pada 30 Oktober, Juventus mengonfirmasi jika Ronaldo telah negatif dari Covid-19. "Cristiano Ronaldo melakukan pemeriksaan dengan tes diagnostik (swab) untuk Covid-19," demikian pernyataan Juventus.

"Hasilnya menunjukan negatif. Maka dari itu, sang pemain telah dinyatakan sembuh setelah 19 hari melakukan isolasi mandiri di rumah."

 

 

3 dari 7 halaman

2. Valentino Rossi

Valentino Rossi mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada 16 Oktober 2020. Pembalap Yamaha ini kemudian harus menjalani karantina selama tiga pekan sebelum dinyatakan sembuh. Tetapi, dia harusmelewatkan dua seri balapan MotoGP, yaitu Aragon dan Teruel akibat kondisi tersebut.

Rossi kembali dinyatakan positif Covid-19 untuk kali kedua usai menjalani tes pada 10 November lalu. Akibatnya, pembalap berusia 41 tahun itu absen di MotoGP Valencia.

Rossi pun sedih dan terkejut dengan dua hasil tes PCR. "Virus ini sangat rumit dan serius. Saya merasa tidak enak selama dua hari, kemudian dalam beberapa hari saya kembali fit sepenuhnya, pada kondisi 100 persen. Saya mengisolasi diri di rumah sepanjang waktu dan mengikuti nasihat tim medis dengan cermat," kata Rossi, dikutip dari Crash.

5 November lalu, tes PCR Rossi di Italia dinyatakan negatif. Alhasil, juara dunia sembilan kali tersebut diizinkan untuk mengakhiri isolasi mandiri yang sud ah dilakukannya sejak pertengahan Oktober lalu setelah dinyatakan positif virus Covid-19.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Lewis Hamilton

Masih dari dunia balap. Kali ini yang positif terjangkit Covid-19 adalah juara Formula 1 2020 Lewis Hamilton. Pembalap Merceders tersebut dinyatakan positif setelah mengalami gejala ringan namun tetap bugar dan baik-baik saja.

"Lewis tiga kali dites pekan lalu dan hasilnya negatif pada masing-masing tes, yang terakhir terjadi Minggu sore di Bahrain International Circuit sebagai bagian dari program tes standard balapan akhir pekan," kata Mercedes seperti dikutip Reuters, 2 Desember 2020.

"Namun dia bangun Senin pagi dengan mengalami gejala ringan dan diberi tahu di saat yang sama bahwa seorang kontak sebelum tiba di Bahrain mendadak dites dan positif."

"Oleh karena itu Lewis pun menjalani tes lebih jauh dan hasilnya positif," bunyi pernyataan Mercedes selanjutnya.

Setelah menjalani isolasi mandiri selama 10 hari, Hamilton dinyatakan bebas dari virus itu. Pembalap asal Inggris tersebut kemudian ambil bagian dalam seri pamungkas F1 di GP Abu Dhabi meski masih merasakan sisa dampak dari Covid-19.

"Saya belum (pulih) 100 persen. Saya masih merasakan (sisa dampak Covid-19) di paru-paru saya," ucap Hamilton seperti dikutip Reuters.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Novak Djokovic

Novak Djokovid dilaporkan positif Covid-19. Petenis nomor satu dunia itu terpapar virus itu setelah ambil bagian dalam turnamen eksibisi Adria Tour di Belgrade, Serbia, Juli 2020.

Seperti dilaporkan Sky Sports, Djokovic mengatakan telah menjalani tes Covid-19 dan hasilnya positif. Akibatnya, laga final antara Djokovic dan Andrey Rubiev asal Rusia terpaksa dibatalkan.

Selain Djokovic, petenis lain yang juga berpatisipasi di turnamen tersebut dan positif Covid-19 adalah Grigor Dimitrov dan Borna Coric.

Djokovic dinyatakan terbebas dari Covid-19 setelah menjalani tes 10 hari usai dinyatakan positif. "Novak Djokovic negatif Covid-19. Hal ini ditunjukkan lewat tes PCR yang digelar di Belgrade," tulis tim media Djokovic.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Kevin Durant

Kevin Durant dinyatakan positif tertular Covid-19 pada Maret lalu. Meski demikian, peraih gelar MVP NBA dua kali menyatakan baik-baik saja.

Durant merupakan salah satu dari empat pemain Brookly Nets yang terpapar vitus tersebut. Tetapi, dia tidak memperlihatkan gejala-gejala khas Covid-19.

"Semua orang tetap hati-hati, jaga diri Anda dan terapkan swakarantina. Kita semua akan bisa melewati ini," kata Durant.

Awal April lalu, Nets memastikan Durant dan tida rekannya dinyatakan sembuh dari Covid-19. "Sejauh ini semuanya telah kembali sehat. Pemain-pemain yang telah dinyatakan positif sebelumnya telah sembuh setelah melakukan karantina selama 14 hari," kata Manajer Umum Nets, Sean Marks seperti dikutip dari New York Post.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Cristiano Ronaldo di Bawah Ini