Sukses

2 Pemain Naturalisasi Bersinar, Timnas Basket Berjaya di Kualifikasi FIBA Asia Cup

Liputan6.com, Manama - Kehadiran dua pemain naturalisasi mengubah peruntungan timnas basket Indonesia pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Pasukan Rajko Toroman mengalahkan Thailand 90-76 pada windows kedua kualifikasi di Khalifa Sport City, Manama, Bahrain, Sabtu (28/11/2020).

Ini adalah kemenangan pertama timnas di kualifikasi. Hasil tersebut mengangkat posisi Abraham Damar Grahita dan kawan-kawan ke posisi tiga Grup A.

Indonesia memiliki empat poin, sama dengan Filipina dan Korea Selatan. Namun, timnas kalah produktivitas dan sudah bertanding tiga kali, sekali lebih banyak ketimbang rival.

Timnas sempat tercecer hingga 11 poin di paruh pertama. Namun, Indonesia mampu mengejar dan mulai menjauh di kuarter ketiga. 

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kontribusi dua pemain naturalisasi. Lester Prosper membuat 19 angka dan 13 rebound dengan Brandon van Dorn Jawato mencetak 22 angka. Abraham Damar tidak mau ketinggalan dan menyumbang 22 nilai. Di kubu Thailand, Nattakarn Muangboon jadi bintang dengan mencetak 36 poin

2 dari 4 halaman

Batal Hadapi Korsel

Awalnya timnas basket juga dijadwalkan menghadapi Korsel pada windows kedua. Namun, Korsel tidak ada lagi masuk rencana. FIBA tidak secara spesifik menyebut alasan mengapa Negeri Gingseng tidak bertanding di Bahrain.

Mereka hanya mengumumkan sistem home and away akan dihapus pada lanjutan kualifikasi. Seluruh pertandingan akan dimainkan dalam sistem gelembung karena pandemi Covid-19.

Ada kemungkinan Korsel baru tampil pada windows ketiga (terakhir) yang dijadwalkan berlangsung pada Februari 2021.

3 dari 4 halaman

Syarat Lolos FIBA Asia Cup

Ada 24 tim yang berlaga di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Penghuni dua posisi teratas di masing-masing grup otomatis lolos ke turnamen utama.

Sementara urutan tiga mengikuti putaran kualifikasi selanjutnya. Mereka dibagi menjadi dua grup, dengan posisi 1-2 merebut tiket ke Asia Cup.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Timnas Basket Berikut Ini