Sukses

Sosok di Balik Suksesnya Stefano Cugurra, Pelatih Bali United

Liputan6.com, Jakarta Stefano Cugurra atau yang akrab disapa Teco ini merupakan salah satu pelatih sepak bola terbaik Indonesia. Teco sendiri saat ini melatih klub papan atas Liga 1, Bali United.

Pelatih asal Brasil ini memiliki catatan prestasi yang baik untuk dunia sepak bola tanah air. Ini merupakan hal yang diturunkan dari sang ayah. Ia menceritakan bahwa dulu ayahnya pernah membawa klub asal Kuwait untuk menjadi juara liga di sana. Selain itu, sang ayah juga merupakan mantan pelatih klub sepak bola ternama Brasil, Vasco da gama.

"Ya, ayah saya dulu juga adalah pelatih. Dia pernah menjadi pelatih Vasco da Gama dan pernah juga bekerja di beberapa negara salah satunya Kuwait. Selama delapan tahun di sana, dia pernah bawa timnya juara Liga Kuwait," ujar pelatih sepak bola yang memiliki istri orang Indonesia tersebut.

Ia juga memiliki kecintaan terhadap sepak bola karena ayahnya yang sering mengajaknya untuk melihat pertandingan saat kecil dulu. "Dari sana saya sebagai anak juga aktif sering ikut ayah saya ketika ada sesi latihan. Saya pikir itu penting untuk membuat saya cinta dengan sepak bola," kata pria berusia 46 tahun ini.

Teco sendiri sebelum bergabung bersama Bali United, ia sudah tiga kali menjuarai Liga Indonesia baik sebagai pelatih fisik maupun sebagai pelatih utama. Namun sebelum mendapatkan prestasi gemilang dalam karirnya, Teco ternyata memiliki jalan yang tidak mudah untuk menjadi seorang pelatih sukses. "Dulu saya sempat ikut pendidikan di perguruan tinggi khusus pelatih fisik di Brasil selama empat tahun," kata Teco dalam video di youtube official Bali United.

Bahkan ia menceritakan pernah menjadi pelatih sekolah sepak bola di awal karirnya. “Saya juga mengikuti proses sebagai pelatih Sekolah Sepak Bola dulu sebelum menjadi pelatih fisik dan asisten pelatih. Tapi saat itu mimpi saya memang menjadi seorang pelatih kepala seperti saat ini," tutup pelatih yang pernah membawa Persija juara Liga.

Teco sendiri saat ini tengah fokus mempersiapkan tim Bali United untuk menghadapi pertandingan Shopee Liga 1 musim 2020 yang sedang tertunda karena pandemi Covid 19 ini.

Nah, Buat Kalian yang mau nonton live streaming Bali United bisa saksikan di aplikasi Vidio. Yuk segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini