Sukses

Penonton Penuhi Stadion, Laga Uji Coba Persiku Kudus Dihentikan

Liputan6.com, Kudus - Uji coba wakil Liga 3 Persiku Kudus dengan tim lokal Persilo Loram Wetan di Stadion Wergu Wetan Kudus, Jumat (25/9/2020), terpaksa dihentikan karena membludaknya penonton.

Pertandingan ini sebenarnya berlangsung tertutup dengan kedua tim sepakat tidak membawa pendukung. Namun, suporter tetap masuk stadion sehingga wasit menghentikan laga di babak pertama.

Keputusan diambil agar tidak tercipta kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

"Entah kenapa, jumlah penonton yang masuk ke stadion semakin banyak, kami juga memastikan telah menutup pintu utama," kata Manajer Persiku Kudus Sunarto, dilansir Antara.

Atas kejadian tersebut, pihaknya akan mengevaluasi penyelenggaraan uji coba sehingga terulang di masa depan. Dia berterima kasih kepada masyarakat Kudus yang ingin memberikan dukungan kepada pemain di lapangan. Namun, Persiku tidak ingin melanggar peraturan.

"Sebisa mungkin dan semaksimal mungkin dijalani dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ujarnya.

Persiku dalam kondisi unggul 1-0 sebelum laga dihentikan karena jumlah penonton membludak hingga memadati tribun utama. Setelah itu penonton akhirnya berangsur meninggalkan stadion.

2 dari 4 halaman

Indonesia Siap?

Insiden ini menjadi pelajaran bagi pemegang saham kompetisi sepak bola di Indonesia. Pasalnya, dua ajang utama bakal kembali berlangsung bulan depan.

Seluruh pertandingan disepakati berlangsung tanpa suporter.

3 dari 4 halaman

Dihentikan Sejak Maret

Shopee Liga 1 2020 dimulai 1 Oktober setelah dihentikan sejak Maret. Rata-rata para peserta sudah bertanding tiga kali sebelum ajang disetop akibat pandemi virus Corona.

Kompetisi rencananya bergulir hingga 28 Februari 2021 tanpa degradasi. Semua laga akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi membatasi penyebaran Covid-19.

Sementara Liga 2 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Covid-19 Berikut Ini