Sukses

Media Argentina: Lionel Messi Bertahan di Barcelona!

TyC Sports menyatakan keinginan Messi meninggalkan Barcelona dalam situasi sebaik mungkin.

Liputan6.com, Barcelona - Kabar terbaru datang dari situasi Lionel Messi di Barcelona. Pemain asal Argentina itu dikabarkan memutuskan menghormati kontrak.

Media Negeri Tango TyC Sports mengeluarkan berita ini tidak lama setelah Messi dan La Liga bertukar sikap.

Mereka menyatakan keinginan Messi meninggalkan Barcelona dalam situasi sebaik mungkin. Dia tidak mau menyeret klub, yang menjadi rumahnya selama 20 tahun, ke jalur hukum.

Selain itu, proses tersebut juga bisa mempersulit klub baru Messi nantinya. Maka, pemain terbaik dunia enam kali ini menyatakan siap tinggal di Barcelona hingga masa kerjanya berakhir pada Juni 2021.

Klaim TyC Sports kontras dengan manuver Messi selama ini. Dia memutuskan absen dari latihan untuk mendukung klaimnya yakni bebas pergi dari Barcelona. Sebab, dengan melapor, dirinya sama saja mengakui masih menjadi bagian klub.

Saksikan Video Lionel Messi Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Buruk Proses Hukum

Jika benar, kabar ini menutup skenario berlanjutnya sengketa Messi dan Barcelona di jalur hukum. Proses tersebut baru terjadi jika Messi bersikukuh meninggalkan Camp Nou saat ini.

Nantinya pengadilan yang bakal menentukan berapa nilai transfer Messi. Namun, tidak ada yang tahu kapan polemik ini selesai.

3 dari 4 halaman

Pernyataan Messi

Jumat (4/9/2020), Messi mengeluarkan pernyataan resmi dalam upayanya meninggalkan Barcelona. Pemain asal Argentina itu mempertegas keyakinan klausul transfer senilai 700 juta euro (sekitar Rp 12,2 triliun) dalam kontraknya sudah tidak valid.

"Kami tidak tahu dokumen yang La Liga analisa. Atau atas dasar apa mereka dapat mengklaim bahwa kontrak tersebut berisi klausul yang tetap berlaku jika sang pemain memutuskan secara sepihak meninggalkan klub setelah musim 2019/2020 selesai," tulis pernyataan Messi.

"Jelas La Liga melakukan kesalahan dalam mengintepretasikan kontrak. Bagian 8.2.3.6 di kontrak Messi dan Barcelona jelas menunjukkan klausul transfer tidak berlaku jika pemain (Messi) memutuskan kontrak sebelum akhir 2019/2020)."

La Liga sebelumnya mendukung sikap Barcelona yang menekankan berlakunya klausul transfer 700 juta euro. Maka, klub lain yang ingin menggunakan jasa Messi harus mengeluarkan dana sebesar itu.

4 dari 4 halaman

Balasan La Liga

La Liga lalu langsung merespon pernyataan Messi. Tidak sampai sejam setelah pemain asal Argentina itu bicara, operator kompetisi juga mempertegas posisinya.

La Liga menekankan klausul 700 juta euro dalam kontrak Messi di Barcelona tetap berlaku.

Mereka bahkan menuduh tim legal Messi bertindak sembarangan. "Penafsiran Messi bisa bebas meninggalkan Barcelona tidak sesuai konteks dan tidak dapat ditafsirkan secara harafiah," tulis keterangan singkat La Liga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.