Sukses

Breaking News: Lionel Messi Akhirnya Angkat Bicara Tanggapi Situasi di Barcelona

Simak komentar Lionel Messi menanggapi situasinya di Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi akhirnya angkat bicara dalam upayanya meninggalkan Barcelona. Pemain asal Argentina itu mempertegas keyakinan klausul transfer senilai 700 juta euro (sekitar Rp 12,2 triliun) dalam kontraknya sudah tidak valid.

Messi mengeluarkan penyataan resmi Jumat (4/9/2020) dalam surat yang ditandatangani sang ayah Jorge. Secara spesifik dia menunjukan surat ini kepada Presiden La Liga Javier Tebas.

"Kami tidak tahu dokumen yang La Liga analisa. Atau atas dasar apa mereka dapat mengklaim bahwa kontrak tersebut berisi klausul yang tetap berlaku jika sang pemain memutuskan secara sepihak meninggalkan klub setelah musim 2019/2020 selesai," tulis surat itu.

"Jelas La Liga melakukan kesalahan dalam mengintepretasikan kontrak. Bagian 8.2.3.6 di kontrak Messi dan Barcelona jelas menunjukkan klausul transfer tidak berlaku jika pemain (Messi) memutuskan kontrak sebelum akhir 2019/2020."

La Liga sebelumnya mendukung sikap Barcelona yang menekankan berlakunya klausul transfer 700 juta euro. Maka, klub lain yang ingin menggunakan jasa Messi harus mengeluarkan dana sebesar itu.

Saksikan Video Lionel Messi Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sikap Teguh

Pernyataan ini mempertegas sikap Messi meninggalkan Barcelona. Selaku agen Messi, Jorge terbang dari Argentina dan pergi ke Spanyol untuk membicarakan masalah ini dengan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu, Rabu (2/9/2020).

Kedua pihak bersikukuh pada pandangan masing-masing. Messi merasa berhak membatalkan kontrak, yang berarti menonaktifkan klausul transfer 700 juta euro, karena melakukannya lewat surat resmi. Dia melakukannya Agustus mengingat musim 2019/2020 tertunda penyelenggaraannya akibat pandemi Covid-19.

Namun, Barcelona merasa Messi sudah melewati batas waktu pemberitahuan yakni 10 Juni, sesuai jadwal semula kompetisi.

3 dari 4 halaman

Diselesaikan Pengadilan?

Dengan perkembangan ini, sengketa transfer berpotensi berlanjut ke jalur hukum. Jika demikian, tidak diketahui kapan kasus bakal selesai.

Besar kemungkinan nilai transfer Messi akan ditentukan pengadilan.

4 dari 4 halaman

Absen Latihan

Selama ini Messi absen dari latihan untuk mendukung klaimnya. Sebab, dengan melapor, dirinya sama saja mengakui masih menjadi bagian Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.