Sukses

Kemenpora Genjot Standardisasi Infrastruktur Olahraga

Pengembangan fasilitas olahraga yang terstandardisasi akan menjadi perhatian serius oleh pemerintah pusat dan daerah

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) lewat Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, menggelar Kegiatan Webinar Standardisasi Infrastruktur Olahraga.

Pelaksanaan kegiatan webinar ini dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah. Dasar dari pelaksanaan kegiatan webinar pelatihan ini adalah Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor: PER.014/MENPORA/II/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON).

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah menyatakan, kegiatan ini diharapkan agar para pemuda memiliki kemampuan dan wawasan untuk berperan dalam meningkatkan infrastruktur olahraga. "Ketersedian infrastruktur olahraga berbanding lurus dengan peningkatan prestasi olahraga,” ujarnya.

Faisal melanjutkan, pengembangan fasilitas olahraga yang terstandardisasi akan menjadi perhatian serius oleh pemerintah pusat dan daerah yang merupakan amanat UU No. 3 Tahun 2005 tentang sistem Keolahragaan Nasional.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

400 Peserta

Tri Winarno selaku Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional menambahkan, peserta berjumlah 400 orang terdiri dari unsur pemuda dari lembaga/organisasi pemuda, olahraga, pendidikan atau pemerintah.

Kegiatan ini merupakan salah satu Program ke-4 Program Prioritas Kemenpora Tahun 2020 - 2024 yaitu pemasalan dan pemasyarakat olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat.

Adapun, sambungnya, maksud dan tujuan kegiatan ini bertujuan agar para pemuda dapat berperan dalam membangun, meningkatkan dan mengembangkan Infrastruktur Olahraga yang baik dan sesuai dengan standar nasional maupun internasional untuk mencapai prestasi generasi muda juara.

”Selain itu juga memberikan pemahaman dan wawasan kepada generasi muda dalam membangun, meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur olahraga yang memenuhi standar sebagai salah satu modal untuk menjadikan penggerak bagi roda perekonomian nantinya di daerah masing-masing,” paparnya.

Selain itu, pihaknya siap memberikan skala prioritas pada infrastruktur olahraga yang akan di bangun di pusat atau daerah-daerah. ”Dengan pembangunan, peningkatan, pengembangan dan pengelolaan Infrastruktur Olahraga yang baik maka akan menimbulkan banyak manfaat seperti prestasi, ekonomi, sumber daya, dan lainnya,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Wawasan

Dari sini, output yang diharapkan yaitu semakin banyak pemuda di pelosok para generasi muda yang mempunyai wawasan dan pemahaman tentang Infrastruktur Olahraga yang penerapannya di lapangan mampu mempercepat peningkatan generasi muda juara.

 Kegiatan yang diharapkan juga dapat outcome lain. Yaitu, memberikan pengetahuan dan informasi secara masif bagi para pemuda di tingkat nasional dalam rangka membangun, meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur olahraga berstandar Nasional dan Internasional sehingga dapat melakukan pemberdayaan olahraga secara lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.