Sukses

Pakai Mobil MPV untuk Reli, Rifat Sungkar Puas dengan Hasil Uji Coba

Rifat Sungkar puas dengan perkembangan mobil relinya yang merupakan MPV terkenal di Indonesia, Xpander AP4.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap nasional, Rifat Sungkar melanjutkan tes untuk mobil reli yang akan dipakainya untuk balapan. Seperti diketahui, Rifat tidak menggunakan mobil biasa tapi mobil MPV Xpander AP4 untuk mengikuti reli.

Rifat Sungkar yang bernaung di Xpander Rally Team (XRT) sudah menguji mobil ini di Selandia Baru. Pada Sabtu (11/7/2020), dia dan Navigator M Redwan menjajal mobil Xpander AP4 tunggangannya di Sirkuit Tembong Jaya, Serang.

Uji coba ini lebih ditujukan kepada finalisasi setting dan handling kendaraan di lintasan tanah atau gravel. Sirkuit yang biasa digunakan untuk kejuaraan Sprint Rally dan Speed Offroad itu telah mengalami perubahan dimana ada penambahan beberapa tikungan baru di beberapa sektor.

Hal itu membuat karakter Tembong Jaya yang tadinya fast track menjadi medium track.Perubahan karakter Tembong Jaya membuat sesi uji coba menjadi lebih optimal. Dengan perubahan ini, Rifat Sungkar bisa menguji Xpander AP4 di di trek lurus dan keandalan suspensi saat melahap tikungan maupun melewati gundukan.

"Sebetulnya saya sudah optimis dengan Xpander AP4 ini saat melakukan tes di Selandia Baru. Namun dalam uji coba hari ini, kami lebih yakin lagi dengan performanya, melebihi harapan kami sebelumnya," kata Rifat Sungkar seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melebihi Target

Sementara itu, Julian Johan selaku Team Manager XRT mengatakan bahwa uji coba berlangsung mulus dan memenuhi target yang telah ditetapkan tim.

"Alhamdulillah uji coba berjalan lancar dan sesuai target. Bahkan di beberapa sisi melebihi perkiraan," ucap pria yang akrab disapa Jeje itu.

"Uji coba perdana ini lebih ditujukan untuk melihat bagaimana handling kendaraan secara umum di lintasan gravel. Apakah pembalap dan navigator kami merasa nyaman dengan settingan yang ada atau belum. Dan ternyata sudah sesuai. Bahkan Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan mengaku handling kendaraan begitu nyaman, melebihi harapan dia sebelumnya."

 

3 dari 3 halaman

25 Putaran

 

Pada uji coba perdana ini, Mitsubishi Xpander AP4 melahap lebih dari 25 putaran di Sirkuit Tembong Jaya. Dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pukul 15.00 sore.Selain tim XRT, ada beberapa tim lain yang juga melakukan latihan di Sirkuit Tembong Jaya.

Kehadiran XRT dengan Mitsubishi XPANDER AP4-nya mendapat perhatian dari pembalap dan tim lain yang hadir di sirkuit. Hal itu tak lain karena XRT membawa mobil kategori MPV yang belum pernah dipakai sebagai mobil reli. Apalagi performa XPANDER AP4 terlihat begitu solid baik saat melaju di trek lurus maupun saat melahap tikungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini