Sukses

Presiden FIFA: Sepak Bola akan Lebih Bersemangat Usai Pandemi Corona

Liputan6.com, Jakarta Presiden FIFA, Gianni Infantino, optimistis sepak bola bakal bangkit lagi setelah pandemi virus Corona Covid-19. Bahkan menurutnya, semangat permainan sebelas lawan sebelas ini bakal lebih besar lagi.

Pernyataan ini disampaikan Infantino saat mengikuti malam inagurasi stadion Education City yang berlangsung secara virtual, Senin (15/6/2020). Stadion megah ini merupakan satu dari delapan kadidat venue yang disiapkan oleh Qatar dalam menyelenggarakan Piala Dunia 2022 mendatang. 

Dalam sabutannya, Infantino pertama-tama mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Qatar yang tetap bekerja keras menuntaskan persiapan Piala Dunia 2020 di tengah pandemi virus Corona. 

"Pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, pangeran Qatar yang memberikan saya kesempatan untuk ikut merayakan malam pembukaan stadion baru untuk Piala Dunia FIFA 2022 yang akan berlangsung di Qatar," ujar Infantino dilansir dari AS.

"Lewat acara ini saya juga ingin menyampaikan penghormatan terdalam saya kepada mereka yang menderita dan sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 yang telah memberi kami contoh akan sebuah ketangguhan di masa sulit seperti ini," kata pria asal Swiss tersebut menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Utamakan Kesehatan

Dalam rekaman video yang ditayangkan pada malam inagurasi itu, Infantino kembali menegaskan pentingnya mengutamakan masalah kesehatan di atas yang lainnya. Selain itu, pria asal Swiss tersebut juga meminta semua pihak untuk tetap bersatu dan kuat dalam menghadapi permasalahan saat ini. 

"Pembukaan stadion baru Education City mengingatkan kalau sepak bola akan kembali lagi dan dengan semangat yang lebih besar dari sebelum-sebelumnya. Saat waktunya tiba, kita akan berbagi tribune dengan keluarga dan sahabat. Dalam stadion modern dan indah ini, kita semua akan bersama-sama merayakan Piala Dunia 2022. Sampai saat itu tiba, tetap sehat, kuat dan positif," beber Infantino.

 

3 dari 3 halaman

Inagurasi Virtual

Di tengah kondisi pandemi virus Corona Covid-19 saat ini, acara inagurasi Education City Stadium tidak bisa berlangsung di stadion. Tidak satupun yang diizinkan memasuki lokasi tersebut. Acara inagurasi sendiri dilakukan melalui media sosial di bawah supervisi pihak Supreme Committee for Delivery and Legacy yang menjadi penanggung jawab persiapan infrastruktur Piala Dunia Qatar 2022.   

Education City Stadium merupakan satu dari delapan stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia 2022. Sebelumnya, dua stadion, yakni Khalifa International dan Al Janoub sudah lebih dulu diresmikan. Semetara dua stadion lain yang segera diresmikan adalah Al-Rayyan and Al-Bayyt.

Stadion Education City berbentuk segitiga dengan pola geometris seperti berlian yang rumit. Tampilan warnanya bisa berubah sesuai dengan gerakan matahari yang melintas di langit. 

Seperti berlian, Education City Stadium tidak hanya menghadirkan keindahan saja. Kualitas, daya tahan, dan kekuatan bangunan juga menjadi sesuatu yang berharga untuk ke depannya. 

Stadion ini akan digunakan hingga babak perempat final pada Piala Dunia 2022. Kapastias termpat duduknya mencapai 40 ribu, namun jumlahnya akan dikurangi menjadi 20 riub setelah Piala Dunia.  

Kursi-kursi dari lantai atas akan dicopot dan disumbangkan kepada negara-negara yang kekurangan infrastruktur olahraga. Ini membuat warisan Piala Dunia Qatar 2022 bakal semakin luas.