Sukses

Shin Tae-yong: Cuma 10 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Tingkat Kebugarannya Bagus

Jakarta - Shin Tae-yong masih fokus pada penguatan stamina dan kebugaran pemain dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang digelar virtual. Meski demikian, ia menyebut ada peningkatan karena terdapat beberapa pemain yang kebugarannya sudah lumayan.

Shin Tae-yong memanggil 44 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang digelar secara virtual. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut masalah fisik masih menjadi hal yang difokuskannya dalam pemusatan latihan tersebut.

Pemusatan latihan yang digelar secara virtual sebenarnya tidak masuk agenda Shin Tae-yong. Namun, semua agenda yang sudah disusun Shin Tae-yong berantakan karena pandemi virus corona.

"Saat ini saya hanya melakukan latihan online sekali sehari dengan para pemain yang ada di Jakarta Itu memang bukan hal yang saya inginkan. Sebelumnya, saya berlatih tiga kali sehari bersama para pemain. Semuanya hanya fokus pada latihan fisik di bawah sinar matahari pada pukul 11.00 pagi," kata Shin Tae-yong seperti dikutip Kyunghyang Shinmun, Kamis (4/6/2020).

"Kami mengundang hampir 50 pemain di bawah usia 20 tahun untuk berlatih. Akan tetapi, hanya 10 orang dalam kelas tersebut yang memiliki kebugaran yang baik. Ini adalah harapan yang baik untuk para pemain yang mampu berkembang dengan cepat," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong masih menunggu situasi yang terjadi di Indonesia pada Juli mendatang. Jika situasi banyak berubah, Shin Tae-yong berencana membawa pemain Timnas Indonesia U-19 menjalankan pemusatan latihan di Korea Selatan.

"Indonesia adalah tim tuan rumah sehingga sehingga sudah pasti punya kewenangan tampil di putaran final. Kami berharap bisa menunjukkan hasil yang bagus pada panggung besar tahun depan," ujar Shin Tae-yong.

2 dari 2 halaman

Tekanan Besar

Kekhawatiran Shin Tae-yong akan persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 2021 cukup wajar. Shin Tae-yong hanya memiliki waktu 11 bulan untuk segera mematangkan persiapan.

Apalagi sampai saat ini fokusnya masih berputar di sekitar kemampuan fisik para pemain. Publik Tanah Air tentu menaruh harapan besar pada Shin Tae-yong.

Sebagai negara tuan rumah, tentu saja Indonesia tak hanya diharapkan sukses secara penyelenggaraan saja. Shin Tae-yong diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia U-19 lolos dari fase grup.

Sumber: Kyunghyang Shinmun

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Yus Mei Sawitri, Published 4/6/2020)