Sukses

Lionel Messi Akui Sepak Bola Ikut Terpengaruh Pandemi Virus Corona

Barcelona - Lionel Messi, turut mengomentari soal sepak bola pasca-pandemi virus corona. Menurut Messi, virus corona membuat sepak bola, baik secara olahraga dan industri bakal terasa berbeda.

"Saya merasa sepak bola tidak akan lagi sama. Tetapi di luar sepak bola, saya menilai kehidupan secara umum, juga tidak akan sama. Kita semua yang pernah mengalami situasi ini akan mengingat apa yang terjadi," ujar bintang Barcelona itu.

"Dalam kasus saya, itu dengan perasaan sedih dan frustrasi bagi mereka yang paling menderita karena kehilangan orang yang dicintai," lanjut Lionel Messi.

Virus corona atau yang juga dikenal dengan COVID-19 pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Desember 2019.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Minggu (31/5/2020), virus tersebut telah menginfeksi 5,9 juta lebih penduduk dunia dan menyebabkan 367.255 di antaranya meninggal dunia.

Pandemi virus corona tidak hanya menelan korban jiwa, namun juga memengaruhi berbagai sendi kehidupan. Di dunia olahraga khususnya sepak bola, COVID-19 membuat sejumlah kompetisi dan turnamen harus ditunda sejak Maret lalu.

Kini, liga-liga di beberapa negara telah kembali bergulir pada awal Mei, satu di antaranya adalah Bundesliga. Sementara itu, La Liga, Serie A, dan Premier League bakal dilanjutkan pada Juni tahun ini.

Meski kompetisi kembali digelar, protokol kesehatan dan keamanan yang ketat wajib diterapkan ketika berlatih ataupun bertanding. Hal tersebut dilakukan demi terhindar dari virus corona yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya.

2 dari 2 halaman

Kehidupan New Normal

Situasi saat ini membuat masyarakat di seluruh dunia harus bisa beradaptasi dan menjalani kehidupan new normal. Pertandingan sepak bola yang biasanya disaksikan ribuan penonton di stadion, terpaksa berlangsung secara tertutup akibat pandemi virus corona.

"Saya yakin sepak bola dan olahraga, secara umum, akan terpengaruh. Secara finansial, karena ada perusahaan yang terkait dengan dunia olahraga yang mungkin akan mengalami beberapa kesulitan akibat virus corona," kata Lionel Messi.

"Tetapi juga secara profesional, karena dengan kembali berlatih dan berkompetisi, apa yang normal sebelumnya bakal terasa berbeda. Ini akan menjadi situasi yang aneh bagi kami sebagai atlet, tetapi juga bagi siapa pun yang harus mengubah dinamika pekerjaan mereka yang biasa," tuturnya.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Rizki Hidayat, published 1/6/2020)