Sukses

MU Dianggap Blunder Besar Tunjuk Moyes Gantikan Ferguson

MU tidak butuh waktu lama untuk menemukan pengganti Fergie. Mereka merekrut David Moyes sebagai penerus sang manajer, di mana Moyes saat itu menangani klub kuda hitam EPL, Everton.

 

Manchester - Pada tahun 2013, MU memasuki lembaran baru dalam sejarah mereka. Manajer mereka saat itu, Sir Alex Ferguson memutuskan mundur dari kursinya sebagai juru taktik MU setelah 26 tahun menangani Setan Merah.

MU tidak butuh waktu lama untuk menemukan pengganti Fergie. Mereka merekrut David Moyes sebagai penerus sang manajer, di mana Moyes saat itu menangani klub kuda hitam EPL, Everton.

Namun eks striker MU, Javier Hernandez atau yang kerap disapa Chicharito menilai penunjukkan Moyes sebagai manajer MU itu merupakan awal dari bencana.

"Saya tidak punya masalah apa-apa dengan dia [Moyes], tetapi menunjuk dia sebagai manajer tim ini merupakan kesalahan besar," ujar Chicharito di kanal Youtube Rio Ferdinand.

"Menunjuk Moyes adalah kesalahan pertama mereka dan kesalahan itu masih menghantui mereka hingga saat ini. Kesalahan itu bukan karena sosok Moyes, karena dia bukan manajer yang buruk. Namun mereka terlalu cepat mencari pengganti Sir Alex."

"Pada saat itu Guardiola, Mourinho dan Klopp juga sebenarnya tidak berada di level yang dimiliki Moyes. Namun mereka punya peluang untuk berada di level yang dimiliki Sir Alex," kata eks striker MU itu menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Cukup Rendah Hati

Chicharito juga mengungkapkan alasan mengapa Moyes akhirnya gagal di MU. Ia menilai pelatih asal Skotlandia itu tidak cukup rendah hati untuk mewarisi tahta Sir Alex.

"Saya tidak akan mempertanyakan apakah dia [Moyes] adalah pelatih yang bagus atau pelatih yang buruk. Namun dia tidak cukup rendah hati untuk menyadari apa yang tengah ia warisi saat itu, yaitu ia mewarisi pekerjaan manajer terhebat di sepanjang sejarah."

"Dia [Moyes] adalah pribadi yang terlalu keras kepala, dan itulah mengapa ia hanya bertahan tujuh bulan di Manchester United. Itu karena ia tidak rendah hati sehingga ia tidak bisa berkembang di United." ujarnya.

Pada saat itu, Moyes tidak sampai menyelesaikan musim 2013/14 di Manchester United.

Ia dipecat manajemen Manchester United sekitar satu setengah bulan sebelum musim berakhir dan posisinya digantikan sementara oleh Ryan Giggs.

Sumber asli: Rio Ferdinand Official Youtube Channel

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi, Published 30/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.