Sukses

7 Petunjuk Lebaran Tetap Seru Walau Tidak Mudik

Jakarta - Lebaran adalah hari istimewa umat Muslim. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.

Saat Lebaran datang, biasanya keluarga besar pulang kampung atau mudik. Mereka kemudian berkumpul serta berkunjung ke rumah keluarga besar.

Lebaran tahun ini akan berbeda dari lebaran yang biasanya. Karena adanya pandemi corona, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak mudik. Kebijakan pemerintah untuk tidak mudik, bisa membantu memutuskan rantai virus corona. Tetapi tidak boleh sampai memutuskan tali silaturahmi.

Agar tali silaturahmi tidak putus, beriku  7 tips lebaran tetap seru walaupun tidak mudik, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

 

2 dari 5 halaman

Membuat Ketupat

Pada saat lebaran tiba, biasanya identik dengan makan ketupat dengan lauk opor. Karena tidak bisa mudik, bukan berarti tidak bisa makan ketupat. Anda bisa membuat ketupat sendiri di rumah.

Membuat ketupat sangatlah mudah, hanya membutuhkan daun pandan dan beras. Ketupat bisa dianyam sendiri di kos. Selain bisa dinikmati sendiri, Anda juga dapat menjual ketupat juga secara online, untuk menambah pendapatanmu.

Menghias Kos atau Rumah dengan Suasana Lebaran

Walaupun tidak bisa mudik, lebaran akan tetap seru, jika kos atau rumah di tempat rantau dihias dengan suasana lebaran. Membuat hiasan lebaran bisa dilakukan dengan mudah.

Bisa menggunakan barang-barang bekas atau membuat lukisan ala lebaran. Selain menghias kos atau rumah di tempat rantau, kesempatan ini bisa dilakukan, untuk membersihkan rumah agar menjadi bersih.

3 dari 5 halaman

Membeli Hadiah Secara Online

Tips lebaran tetap seru walaupun tidak mudik. Kamu bisa membeli hadiah secara online dan mengirimkannya kepada saudara di kampung.

Buat daftar orang yang akan dikirimi hadiah. Lalu pikirkan barang yang sesuai untuk orang tersebut dan belikan secara online.

Tidak selalu harus membeli barang agar silaturahmi tidak terputus. Anda bisa mengirim uang via transfer kepada orang tua di rumah atau mengirim kartu ucapan dengan sosial media.

4 dari 5 halaman

Memasak Hidangan ala Lebaran

Tips lebaran akan tetap seru walau tidak mudik, Anda bisa memasak hidangan ala lebaran, di kos atau di rumah rantauan. Jika anak kos, carilah resep di internet tentang hidangan ala lebaran yang bisa dimasak menggunakan magic com.

Selain membangkitkan suasana, juga bisa meningkatkan keahlian memasak dan lebaran tetap seru walau tidak mudik.

Melakukan Video Call

Tips lebaran akan tetap seru, walaupun tidak mudik, dengan melakukan video call bersama teman atau keluarga. Tidak mudik bukan berarti memutuskan tali silaturahmi. Tali silaturahmi tetap bisa terjalin karena di zaman sekarang banyak sekali aplikasi untuk video call.

Anda bisa mengenalkan aplikasi video call kepada orang tua yang ada di rumah agar bisa tetap video call bersama keluarga di kampung.

5 dari 5 halaman

Menonton Film Bersama Keluarga

Tips lebaran tetap seru adalah menonton film di rumah bersama keluarga atau menonton film di kos. Anda menonton film kesukaan agar tak bosan hanya berdiam diri di kamar.

Zaman sekarang banyak sekali film yang bisa dinikmati bersama keluarga. Mulai dari film bertema keluarga, percintaan. maupun film horor.

Mempelajari Hobi

Tips lebaran tetap seru, walau tidak mudik, adalah mempelajari hobi. Saat lebaran tiba, pasti libur panjang akan datang, dan akan bingung untuk menghabiskan waktu jika tidak mudik.

Karena itu, habiskanlah waktumu untuk mempelajari hobi agar lebih jago dan berkembang di dalam keahlianmu.

Tidak mudik bukan berarti harus bersedih dan memutus silahturahmi. Tetap semangat dan optimistis keadaan segera membaik.

 

Disadur dari fimela.com (Penulis Kezia Prasetya Christvidya / Editor Ayu Puji Lestari, Published 15/5/2020)