Sukses

Bukan Gelar, Ini Alasan Utama Van Persie Berkhianat ke MU

Ia memilih hijrah ke MU, klub yang kala itu menjadi rival utama Arsenal. Kepindahan pria asal Belanda itu tidak berjalan dengan skema yang baik.

Manchester - Robin van Persie membuat kejutan saat pindah dari Arsenal ke MU tahun 2012. Tentu keputusan itu membuat fans The Gunners kecewa berat.

Langkah van Persie itu memicu kekagetan fans Arsenal karena dua alasan besar. Pertama, Van Persie sudah sembilan tahun memperkuat The Gunners. Yang kedua, saat itu ia berstatus kapten Arsenal, serta menjadi mesin gol klub asal London Utara itu. 

Namun, kejutan yang lebih besar adalah pelabuhan baru yang dipilih Van Persie. Ia memilih hijrah ke MU, klub yang kala itu menjadi rival utama Arsenal. Kepindahan pria asal Belanda itu tidak berjalan dengan skema yang baik.

Robin van Persie sebenarnya ingin bertahan. Namun, dia mengusulkan tujuh poin agar Arsenal kembali bersaing untuk gelar juara. Akan tetapi, semua usul Robin van Persie ditolak Ivan Gazidis.

Hubungan mereka kemudian memburuk. Ivan Gazidis tidak memberi tawaran kontrak baru untuk Robin van Persie. Yang terjadi setelah itu, MU datang dan membawa van Persie ke Old Trafford.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Sir Alex Ferguson

Manchester United harus membayar 30 juta euro untuk membajak van Persie dari Arsenal. Ketika itu, Robin van Persie menjelang usia 29 tahun. Tetapi, Sir Alex Ferguson begitu yakin dengan keputusan yang diambil.

Robin van Persie menuturkan Ferguson adalah alasan utamanya menerima pinangan Setan Merah. Sejak lama eks pemain Feyenoord tersebut kagum pada sosok Ferguson dan ingin bekerja dengannya.

"Ferguson menjadi pembeda pada keputusan saya untuk memilih pindah ke Manchester United, semua karena cara dia melatih," ucap Robin van Persie dalam sesi wawancara dengan Metro

"Saya banyak mendegar cerita tentang Ferguson, terutama dari pemain yang ada di Manchester United. Saya sangat ingin menjadi juara," tambah andalan timnas Belanda tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Faktor Peluang Juara Premier League

Sembilan musim di Arsenal, Robin van Persie tak pernah merasakan gelar juara Premier League. Faktor inilah yang membuatnya pindah ke Manchester United. Pada musim pertama, Robin van Persie langsung meraih trofi Premier League.

"Ketika saya melihat tim dengan Ryan Giggs, Michael Carrick, Paul Scholes, Nemanja Vidic, dan Rio Ferdinand mereka semua adalah pemenang, mereka memenangkan semua trofi," kata Robin van Persie.

"Saya merasa 'ah, saya ingin menjadi bagian dari mereka'. Saya berada dalam periode kehidupan saya di mana saya merasa seperti seorang juara tetapi saya tidak meraih gelar juara. Saya harus pergi ke tim yang tahu bagaimana cara menjadi juara," kata Robin van Persie.

Sumber: Mirror

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published: 14/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Robin Van Persie

  • Premier League

  • Bola.net