Sukses

Tantang UEFA, Belgia Ngotot Hentikan Kompetisi karena Pandemi Corona Covid-19

Akibat keputusan ini, Belgia terancam kehilangan wakil di kompetisi UEFA musim depan.

Liputan6.com, Brussels - Federasi Sepak Bola Belgia (KBVB) membela keputusan operator Pro League untuk menyelesaikan musim 2019/2020 karena pandemi virus Corona. Mereka menyebut langkah itu diambil berdasar kepentingan kesehatan dan ekonomi.

"Baik KBVB maupun Pro League Belgia mendukung penuh solidaritas sepak bola Eropa. Sikap itu pula yang mendasari hasrat kami membela kebijakan dalam menghadapi situasi, sembari memperhatikan konteks spesifik masing-masing liga," tulis keterangan resmi KBVB.

Musim reguler Pro League Belgia 2019/2020 hanya menyisakan satu putaran. Penghuni enam posisi teratas kemudian melaju ke play-off untuk memperebutkan status juara dan tiket kompetisi Eropa.

Namun, otoritas Pro League Belgia menghentikan kampanye dalam rapat Kamis (2/4/2020), setelah mempertimbangkan keadaan.

Mereka menilai mustahil menyelesaikan kompetisi 2019/2020 berdasar batas waktu yang tersedia, idealnya akhir Juni.

Dengan pandemi virus Corona belum menunjukkan tanda segera mereda, operator Pro League juga enggan mengambil risiko membayakan kesehatan pemain, suporter, dan staf. Prospek merusak jadwal kompetisi musim depan jika tetap memprioritaskan selesainya 2019/2020 turut jadi pertimbangan.

Pimpinan klasemen Club Brugge pun ditetapkan sebagai juara. KBVB dan Dewan Pro League bakal memfinalisasi keputusan itu melalui rapat besar pada 15 April.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertentangan dengan UEFA

Keputusan Belgia merampungkan musim bertentangan dengan imbauan dari UEFA yang menyerukan agar kompetisi diselesaikan di atas lapangan. UEFA bahkan mengancam tidak akan memberikan tempat di ajang Eropa bagi klub Belgia.

"Tiket menuju kompetisi UEFA ditentukan hasil di lapangan setelah kompetisi selesai. Keputusan menghentikan persaingan secara prematur membuat syarat itu tidak terpenuhi," tulis UEFA.

"Maka selanjutnya kami berhak memeriksa apakah klub layak mengikuti kompetisi UEFA pada 2020/2021 sesuai peraturan yang ada."

3 dari 3 halaman

Permintaan Klub

Diketahui keputusan Belgia menghentikan musim 2019/2020 didasari permintaan 17 dari 24 klub penghuni dua divisi teratas. Klub terkena dampak ekonomi pandemi virus Corona yang membuat mereka kehilangan pemasukan selama kompetisi terhenti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini