Sukses

Maraknya Pesta Tim Tamu di Shopee Liga 1 2020

Shopee Liga 1 2020 sudah menyelesaikan pekan ketiga. Dari pertandingan yang berlangsung, muncul satu fenomena menarik yakni sulitnya tuan rumah meraih kemenangan.

Jakarta - Shopee Liga 1 2020 sudah menyelesaikan pekan ketiga. Dari pertandingan yang berlangsung, muncul satu fenomena menarik yakni sulitnya tuan rumah meraih kemenangan. 

Ini menjadi menunjukkan sulitnya menebak hasil kompetisi sepak bola di Indonesia. Anggapan jika tim tuan rumah selalu diuntungkan wasit juga perlahan terkikis karena tim tamu memiliki kans meraih poin penuh sama besarnya.

Pelatih dan para pemain juga tak sekadar ngomong saja ketika mengatakan bahwa mereka mengincar kemenangan di partai tandang. Alih-alih mengincar hasil imbang, tim tamu justru bisa bermain lepas dan malah sukses mencuri tiga poin.

Pada Shopee Liga 1 2019, PSS Sleman dan Bali United dinilai sebagai tim paling sukses mencuri tiga poin di kandang lawan. Tim yang terdegradasi, Semen Padang, juga pernah melibas Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno.

Sedikit anomali, kembali menengok ke Liga 1 2019, beberapa tim juga kesulitan meraih kemenangan di kandang sendiri. PSIS Semarang misalnya, dianggap kurang bersahabat dengan Stadion Moch. Soebroto pada paruh musim. Namun, beberapa kali menuai hasil positif kala bermain tandang.

Bahkan pada Liga 1 2018, PSIS pernah dihajar Persija dengan skor telak 1-4 ketika laga dimainkan di Bantul.

Sebaliknya, tim kuat macam PSM Makassar justru menjadi klub paling apes musim lalu jika bermain tandang. Meski berlabel tim bertabur bintang, mereka urung meraih kemenangan.

Pada Shopee Liga 1, tren tim tamu meraih kemenangan tandang kembali tersaji. Awal musim ini diwarnai dengan sejumlah kegagalan tim tuan rumah meraih tiga poin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenangan Tandang

Persikabo 0-2 Arema FC

Barito Putera 1-2 Bali United

Persela Lamongan 2-3 PSIS Semarang

Arema FC 1-2 Persib Bandung

Persebaya Surabaya 3-4 Persipura Jayapura

Persik Kediri 0-1 Persiraja Banda Aceh

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Gregah Nurikhsani/Editor: Gregah Nurikhsani, published 15/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.