Sukses

Eks Dokter Chelsea Beberkan Alasan Pemain Bola Rentan Terkena Virus Corona

Mantan dokter Chelsea, Eva Carneiro, membeberkan alasan pemain bola justru rentan terinfeksi virus Corona.

London- Mantan dokter Chelsea, Eva Carneiro, mengungkapkan bila pemain sepak bola profesional justru rentan terjagkit virus. Carneiro membeberkan pendapat tersebut setelah melihat pelatih Arsenal, Mikel Arteta dan pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi, positif virus Corona.

Mikel Arteta dan Callum Hudon-Odoi adalah profesional sepak bola pertama di Inggris yang positif terserang virus tersebut. Setelah itu, Premier League menangguhkan semua laga hingga 4 April 2020.

Sebelumnya ada asumsi, atlet profesional yang mengikuti diet ketat dan mencapai fisik prima akan terhindar dari virus Corona. Namun, Eva mengatakan sebetulnya mereka malah rentan virus.

"Pemain profesional telah terbukti tertekan kekebalannya secara teratur," kata mantan dokter Chelsea itu dikutip Give Me Sport, Sabtu (14/3/2020).

"Itu karena para olahragawan melalukan aktivitas melelahkan, mereka kadang bermain setiap 72 jam, serta pelatihan yang menciptakan ketegangan dalam tubuh," imbuhnya.

Dengan kompetisi yang padat dan pertandingan internasional, menuntut seorang pemain berada di level puncak untuk bermain tiga kali dalam sepekan secara konsisten.

Kelelahan pada tubuh berdampak pada sistem kekebalan mereka. Itu membuat pemain bola rentan terinfeksi berbagai penyakit seperti virus Corona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Budaya Jenguk Menyebabkan Pengendalian Virus Semakin Sulit

Carneiro yang sekarang bekerja sebagai Dokter Olahraga di The Sports Medical Group, London, mengatakan keinginan dari rekan satu tim menjenguk pemain yang sakit membuat pengendalian virus semakin sulit.

"Secara budaya, mungkin sulit untuk membujuk para pemain dan staf untuk mengubah perilaku yang menyebabkan penyerbaran infeksi seperti berjabat tangan dan berpelukan," kata Carneiro.

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (penulis Hanif Sri Yulianto, Editor Yus Mei, Published 14/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.