Sukses

11 Pemain Inggris yang Paling Bersinar di MU

Manchester - Manchester United (MU) adalah satu-satunya klub Liga Inggris yang merengkuh treble, tepatnya pada 1998-1999. Klub berjuluk Setan Merah itu juga menjadi klub yang memiliki trofi Liga Inggris terbanyak. 

MU mengoleksi 20 trofi liga domestik divisi teratas, unggul dua gelar atas Liverpool. Di era Sir Alex Ferguson, MU mencapai masa kejayaannya. Saat itu, Setan Merah memiliki skuat yang sangat tangguh dan kuat. 

Eric Cantona hingga Cristiano Ronaldo adalah sedikit dari berderet pemain top yang pernah bermain untuk Manchester United. Eric Cantona berasal dari Prancis, sedangkan Ronaldo berkebangsaan Portugal. 

Sejak dulu, Manchester United memiliki banyak pemain asing berkualitas, termasuk kiper Peter Schmeichel yang legendaris. Penjaga gawang tangguh itu berasal dari Denmark. 

Ada pula Roy Keane (Irlandia), Ruud van Nistelrooy (Belanda), Jaap Stam (Belanda), Ryan Giggs (Wales), hingga Patrice Evra (Prancis). 

Namun, Manchester United juga menjadi klub yang memiliki pemain-pemain asal Inggris yang berkualitas tinggi. Sir Bobby Charlton hingga Wayne Rooney menghiasi daftar pemain asal Inggris yang bersinar di Manchester United. 

Berikut ini 11 pemain asal Inggris yang bersinar di MU, seperti dilansir dari Soccergator, Selasa (10/3/2020).

2 dari 13 halaman

1. Wayne Rooney

Wayne Rooney yang didatangkan Manchester United dari Everton pada 2004. Dia mengawali kariernya bersama Setan Merah dengan sangat istimewa, mencetak hattrick ke gawang Fenerbahce di Liga Champions. Tanpa perlu waktu lama, Rooney menjelma jadi bintang MU.  

Rooney kemudian menahbiskan diri sebagai top scorer sepanjang masa The Red Devils dengan torehan 253 gol. Selama 13 tahun merumput di Manchester United, Rooney memenangi 16 trofi termasuk 5 gelar Premier League dan gelar Liga Champions 2007-2008.

 

3 dari 13 halaman

2. Paul Scholes

Paul Scholes menghabiskan karier sepak bolanya di Manchester United, dengan melakoni 700 laga.

Scholes mengoleksi 25 trofi selama berseragam Manchester United, termasuk 11 titel Premier League, dua gelar Piala FA, dan 2 trofi Liga Champions. Selama lebih 20 musim merumput di Old Trafford, Scholes mengoleksi 115 gol. 

 

4 dari 13 halaman

3. Gary Neville

Gary Neville memulai laga debut bersama Manchester United pada 1 Juli 1994. Sama seperti Paul Schole, Gary Neville juga hanya membela MU sepanjang kariernya di kancah sepak bola.

Pemain yang beroperasi di sektor bek kanan tersebut mencatatkan lebih dari 600 pertandingan selama berkiprah bersama Setan Merah dan hampir enam tahun didaulat menjadi kapten tim. Dia ikut membantu MU memenangi tiga gelar Premier League, dua Piala Liga, dan dua trofi Liga Champions.  

 

5 dari 13 halaman

4. David Beckham

David Beckham merupakan bagian dari generasi bersejarah di Manchester United, Class of 92. Artinya, Beckham merupakan pemain didikan MU. Dia kemudian menjelma menjadi bintang di klub Manchester Merah tersebut. 

Beckham dikenal berkat keahliannya dalam mengeksekusi tendangan bebas, maupun mengirim umpan silang ke jantung pertahanan lawan. 

Selama 11 tahun berseragam Manchester United, Beckham telah mencatatkan lebih dari 400 penampilan dan memainkan peran penting saat Manchester United merengkuh treble pada 1999.

Mantan pemain Real Madrid itu juga mengoleksi 61 gol bersama The Red Devils.

 

6 dari 13 halaman

5. Rio Ferdinand

Rio Ferdinand dikenal sebagai salah satu bek tertangguh yang pernah dimiliki Manchester United. Ferdinand menghabiskan kariernya selama 12 tahun di Manchester United.

Pindah ke Manchester United 2003 dari Leeds United, Ferdinand berhasil membantu United menjuarai Premier League pada musim pertamanya. 

Sepanjang kariernya bersama Red Devils, Ferdinand mengoleksi 6 trofi Premier League dan sebuah trofi Liga Champions pada musim 2007-2008.

 

7 dari 13 halaman

6. Michael Carrick

Michael Carrick berperan sangat krusial saat memperkuat Manchester United, namun sering kali tidak disadari fans. Dia berkontribusi signifikan saat Setan Merah meraih gelar ganda pada 2008, yaitu dengan menjuarai Premier League dan Liga Champions. 

Michael Carrick berperan sebagai gelandang bertahan selama berseragam Manchester United. Carrick kini menjabat menjadi asisten pelatih dibawah asuhan kepala pelatih Ole Solskjaer.

Carrick membukukan lebih dari 400 pertandingan bersama Manchester United, dengan menyumbangkan berbagai trofi, antara lain lima titel Premier League dan juga trofi Liga Europa pada 2016. Kini, dia menjabat sebagai asisten pelatih Ole Gunnar Solskjaer.  

 

8 dari 13 halaman

7. Andy Cole

Andy Cole berposisi sebagai penyerang tengah saat memperkuat Manchester United. Dia mencapai performa puncak saat didaulat menggantikan Eric Cantona yang pensiun, kemudian menyuguhkan performa gemilang saat kala berduet dengan Dwight Yorke pada musim 1998-1999. Saat itu, Setan Merah berhasil memenangi treble. 

Saat menyudahi kariernya di Old Trafford, dia mengoleksi lima trofi Liga Champions, satu gelar Liga Champions, dan dua titel Piala FA. 

 

9 dari 13 halaman

8. Bryan Robson

Bryan Robson adalah kapten legendaris Manchester United. Selama 6 tahun memimpin skuat Manchester United, Bryan Robson memenangi Piala Winners Eropa, tiga gelar Piala FA, dan dua trofi Premier League.

Bryan Robson menghabiskan 13 tahun berseragam Manchester United dan akhirnya pindah ke Middlesbrough pada 1994. Pemain yang akrab disapa Robbo tersebut mencetak 35 gol dari 154 laga yang dijalani di MU.

 

10 dari 13 halaman

9. Sir Bobby Charlton

Sir Bobby Charlton legenda Manchester United lainnya. Dia pernah menjadi top scorer sepanjang masa Manchester United, dengan torehan 249 gol. Rekor tersebut baru dipecahkan pada 2017 oleh Wayne Rooney. 

Bobby Charlton membantu MU memenangi kompetisi divisi teratas sepak bola Inggris pada 1965. Gelar yang sama pada 1967. 

Setahun berselang Charlton mencetak dua gol yang membantu MU menjuarai Piala Champions pada 1968. Setan Merah menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai trofi bergengsi tersebut.  

 

11 dari 13 halaman

10. Paul Ince

Gelandang asal Inggris yang bermain selama 6 tahun bersama Manchester United, Paul Ince. Paul Ince mengoleksi 29 gol dalam 281 pertandingan di Setan Merah.

Selama berseragam United, Paul Ince mengoleksi dua titel Premier League, dua Piala FA, satu gelar Piala Liga, dan satu Piala Winners.  

 

12 dari 13 halaman

11. Nicky Butt

Nicky Butt dikenal sebagai gelandang bertahan di Manchester United. Nicky Butt berkarier di United selama 12 tahun dan bermain dalam 387 pertandingan.

Bersama United, Nicky Butt mencetak 26 gol dan mengoleksi banyak trofi, termasuk enam gelar Premier League, tiga Piala FA, empat Community Shield, trofi Liga Champions 1998-1999 dan Piala Intercontinental 199. Butt juga menjadi bagian skuat MU yang merengkuh treble pada 1999.

Sumber: Soccergator 

Disadur dari Bola.com (Penulis Alif Yuda / Editor Yus Mei Sawitri, Published 11/3/2020)

13 dari 13 halaman

Saksikan video Manchester United berikut ini