Sukses

MotoGP di Thailand, Amerika Serikat dan Argentina Terancam Ditunda

Virus Corona sudah membatalkan lomba putaran pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini. Kabarnya ini juga berlanjut ke seri-seri lainnya.

Losail- Federasi Balap Sepeda Motor Internasional (FIM) dikabarkan akan mengeluarkan keputusan terbaru terkait jadwal MotoGP. Merebaknya virus corona sudah membuat FIM membatalkan MotoGP Qatar.

Seri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar seharusnya berlangsung akhir pekan ini.Meski kelas MotoGP dibatalkan, lomba kelas Moto3 dan Moto2 di Losail bakal tetap berlangsung lantaran semua pembalap dan tim sudah ada di Qatar usai menjalani tes pramusim.

Kini mengutip dari crash.net, tidak hanya GP Qatar, tiga lomba berikutnya MotoGP 2020: MotoGP Thailand, GP Amerika Serikat, dan juga GP Argentina juga terancam dibatalkan atau jadwal ulang.

Pengelola Sirkuit Buriram sampai saat ini masih bersikukuh lomba GP Thailand, 22 Maret harus tetap berlangsung. Karena mereka ingin menggenjot sektor pariwisata yang hancur lebur akibar Corona.

Hanya saja ada permasalahan logistik. Karena peralatan tim-tim MotoGP seperti Ducati dan Aprilia sudah tiba di Qatar. Problemnya mereka urung masuk ke negara Qatar untuk melakukan pengepakan barang dan dikirim ke Thailand.

Saksikan Video Pilihan Kami:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GP AS dan Argentina Juga Teka-teki

Hal sama berlaku untuk lomba putaran ketiga yang berlangsung di Sirkuit Austin, Texas, 5 April. Sampai saat ini, sudah ada 69 kasus virus Corona di AS.

Tentu mereka enggan mengambil risiko menerima rombongan MotoGP dari Italia, negara yang memiliki kasus Corona sangat banyak (sekitar 1.128 kasus). Masalahnya sebagian besar kru tim dan pembalap memang berasal dari Italia.

"Dengan demikian, tidak akan mengejutkan jika balapan MotoGP pertama baru akan berlangsung saat masuk putaran Eropa di Jerez pada awal Mei," tulis crash.net.

"Kecuali jika lomba putaran Eropa dimajukan ke depan untuk mengisi kekosongan dalam kalender yang direvisi," lanjut keterangan tersebut.

Artinya lomba putaran keempat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 19 April, kemungkinan besar juga bakal dibatalkan atau dijadwal ulang. Karena belum mungkin melakukan penerbangan buat negara yang sudah punya riwayat Corona ke Argentina.

Sumber: Crash.net

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibobo/published 2/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.