Sukses

Proliga 2020: Berebut Juara Putaran Pertama di Palembang

Seri pamungkas putaran pertama kompetisi bola voli Proliga 2020 akan berlangsung di GOR PSCC, Palembang, 7-9 Februari.

Liputan6.com, Palembang - Memasuki pekan ketiga putaran pertama, Proliga 2020 semakin memanas. GOR PSCC, Palembang, akan jadi venue digelarnya kompetisi kasta tertinggi bola voli di Tanah Air pada 7-9 Februari.

Di Palembang, enam tim putra dan lima putri akan saling bertarung memperebutkan posisi juara putaran pertama Proliga 2020. Hingga putaran kedua pekan lalu di Purwokerto, Jawa Tengah, belum ada tim yang sudah memastikan menjadi jawara di putaran pertama. Namun, beberapa tim berpeluang menjadi nomor wahid.

Termasuk di antaranya tim putra Palembang Bank SumselBabel. Tim besutan pelatih senior Mashudi ini akan menjalani dua laga di kandang. Pertama, melawan Lamongan Sadang MHS dan berikutnya bertemu Jakarta BNI 46.

Pelatih Palembang Bank SumselBabel Mashudi bertekad meraih poin penuh di kandang untuk mengamankan posisi lolos ke final four Proliga 2020. Dari tiga laga sebelumnya, I Made Adhi Suartama dan kolega baru satu kali menang, yakni saat menghadapi Jakarta Garuda dengan skor 3-1 di Pekanbaru.

Dua laga lainnya, Palembang Bank SumselBabel tumbang di tangan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor 2-3. Sementara melawan Jakarta Pertamina Energi taklub 1-3 di Purwokerto.

Saat ini, tim satu-satunya asal luar Pulau Jawa, itu berada di posisi keempat klasemen sementara dengan nilai empat. "Apapun kami akan berusaha mendapat dua kemenangan di Palembang, untuk memuluskan langkah ke final four," ujar Mashudi, yang pernah mengantarkan PBS menjuarai Proliga pada 2011 dan 2013.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis

Mengomentari dua calon lawan Palembang Bank SumselBabel di Bumi Palembang, Mashudi optimistis dapat meraih poin. "Setidaknya satu kemenangan, syukur-syukur bisa mendapat dua kemenangan," ucapnya.

Menurutnya, Lamongan Sadang MHS dan Jakarta BNI 46 yang ada dihadapi pada seri pamungkas putaran pertama merupakan lawan yang cukup berat. "Lamongan adalah tim pendatang baru. Tapi, mereka memiliki pemain-pemain yang berpengalaman. Kalau BNI punya beberapa pemain nasional seperti Sigit Ardian, Doni Haryono, I Putu Randu, dan Dio Zulfikri. Tapi kita akan memberikan perlawanan," tukas Mashudi.

Sementara itu, pelatih putra Jakarta BNI 46 Samsul Jais mengungkapkan pihaknya juga ingin menang di GOR PSCC. Tim milik bank nasional itu selain menghadapi tuan rumah Palembang Bank SumselBabel juga akan bertemu Jakarta Garuda.

"Kita berharap meraih kemenangan di Palembang, termasuk dengan Palembang Bank SumselBabel," ucap pelatih yang pernah dua kali membawa Palembang Bank SumselBabe menjadi finalis yakni pada 2017 dan 2018.

Tim putra Jakarta BNI 46 berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan enam poin dari hasil dua kemenangan dan satu kali kalah. Pekan lalu, di Purwokerto, BNI mengandaskan sang juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator 3-1. "Kita ingin mengamankan posisi empat besar dulu," ujar Samsul.

 

3 dari 3 halaman

Di Sektor Putri

Di sektor putri juga akan berlangsung pertarungan sengit. Pemuncak klasemen sementara, Jakarta Pertamina Energi hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan juara putaran pertama. Tim besutan pelatih berpaspor Azerbaijan, Ziya Rajabov itu akan bertarung melawan Jakarta BNI 46 di Palembang. Hingga kini, putri Jakarta Pertamina Energi belum pernah kalah dari tiga laga yang sudah dilakoninya.

Laga putri lainnya, juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan akan bertemu Bandung bjb Tandamata. Kedua tim sama-sama sudah mengalami satu kekalahan.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengungkapkan semakin hari kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-19 ini semakin memanas. Persaingan untuk memastikan lolos ke final four dari seluruh tim peserta Proliga 2020 terus berlangsung.

"Sehingga setiap pertandingan menjadi tontonan yang sangat menarik," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.