Sukses

Mengenal Lawan Persib di Asia Challenge Cup 2020, Punya Nama Besar dan Disegani

Selangor FA akan menjadi salah satu lawan Persib Bandung di ajang Asia Challenge Cup 2020

Bandung - Persib Bandung tak lama lagi akan berkiprah di ajang Asia Challenge Cup 2020 pada 18-19 Januari 2020. Turnamen yang diselenggarakan di Malaysia itu akan diikuti tiga klub lain, yakni Hanoi FC (Vietnam), Bangkok United (Thailand), dan tuan rumah Selangor FA.

Nama terakhir bisa dibilang patut diwaspadai Persib. Apalagi Selangor akan bermain di depan publiknya sendiri.

Klub yang bermarkas di stadion Shah Alam itu merupakan satu di antara klub tersukses di Malaysia. Selangor FA berdiri pada 22 Februari 1936 atau sekitar 84 tahun lalu.

Di Malaysia, Selangor bisa dibilang sangat disegani. Rentetan gelar domestik sudah pernah didapatkan The Red Giants.

Total sudah 51 trofi yang yang direngkuh klub berjuluk The Red Giants itu. Adapun gelar yang paling banyak diraih ialah Piala Malaysia, yakni sebanyak 32 kali.

Selangor juga pernah meraih treble winner sebanyak dua kali, masing-masing pada 2005 dan 2009. Tak hanya di ajang domestik, Selangor merupakan klub Malaysia pertama yang tampil di Liga Champions Asia.

Raihan terbaik Selangor FA di level Asia ialah berhasil menjadi runner up Liga Champions Asia pada 1967. Performa apik Selangor FA di Malaysia tentunya harus diwaspadai Persib jelas turnamen Asia Challenge Cup 2020.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Selangor FA

Sementara dari segi penunjang atau fasilitas, Selangor juga merupakan klub yang cukup lengkap. Selangor sudah memiliki kompleks latihan pribadi yang bertempat di bagian pemerintahan negara.

Prestasi serta fasilitas yang mumpuni tentunya membuat banyak pemain tak ragu-ragu menerima pinangan Selangor FA. Tercatat ada tiga pemain jebolan Piala Dunia yang pernah berkostum merah-kuning.

Ketiga pemain tersebut ialah Karel Stromsik (Slovakia), Peter Disztl (Hungaria) dan Perica Ognjenovic (Yugoslavia/Serbia). Selain itu, ada beberapa pemain dari Indonesia yang pernah merumput bersama Selangor.

Pada generasi pertama ada Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy yang berkostum Selangor. Keduanya bergabung dengan The Red Giants pada medio 2005-2007.

Kala itu, Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy sukses membawa Selangor FA menjadi kampiun Malaysia Premier League, Piala FA Malaysia dan Piala Malaysia pada 2005.

Prestasi yang ditorehkan Bambang Pamungkas bersama Selangor tersebut membuat namanya tak bisa dilupakan sebagai bagian dari klub. Saat Bambang Pamungkas pensiun, Selangor FA menganggap pria yang akrab disapa Bepe itu sebagai legenda klub.

3 dari 4 halaman

Karier Pemain Indonesia

Kesuksesan Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy berlanjut pada pemain Indonesia, Andik Vermansyah. Pemain asal Surabaya itu bergabung dengan Selangor FA pada 2014.

Pada tahun pertamanya tersebut Andik ikut membantu menyumbang satu gelar Piala Malaysia. Keberhasilan para pemain Indonesia di Selangor membuat petinggi klub merasa ketagihan.

Pada 2018, di Malaysia mempunyai regulasi penggunaan dua pemain asing asal ASEAN. Kondisi tersebut menjadi satu di antara alasan Selangor memilih mendatangkan dua pemain asal Indonesia, Ilham Udin Armaiyn dan Evan Dimas Darmono.

Sayang, kedua pemain tersebut tidak bisa melanjutkan catatan manis pemain Indonesia di Selangor. Evan Dimas dan Ilham Udin tak meraih gelar apa pun selama berkarier di Malaysia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Asia Challenge Cup 2020

Sabtu, 18 Januari 2020

19.20 WIB, Selangor vs Persib (TV One)

23.30 WIB, Hanoi FC vs Bangkok United

Minggu, 19 Januari 2020

15.50 WIB, Persib vs Hanoi FC (TV One)

23.30 WIB, Selangor vs Bangkok United

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Yus Mei Sawitri, published 18/1/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.