Sukses

MotoGP: 4 Fakta Menarik Kontrak Alex Marquez dengan Repsol Honda

Jakarta - Alex Marquez resmi bergabung dengan Repsol Honda pada Senin (18/11/2019). Kabar bergabungnya juara Moto2 2019 tersebut diumumkan langsung pihak Honda melalui website resminya.

Itu berarti Alex bakal menjadi rival saudaranya, Marc Marquez, di kompetisi MotoGP mulai musim 2020 . Alex bersiap untuk melakukan debut di MotoGP pada tes pramusim di Valencia pekan ini.

Bergabungnya Alex Marquez ke Honda sudah diprediksi banyak pihak. Honda disebut memilih rider muda ketimbang Johann Zarco yang sudah menjadi pembalap pengganti Takaaki Nakagami dalam tiga seri terakhir MotoGP. Saat ini Alex Marquez berusia 23 tahun, sedangkan Zarco 29 tahun. 

Beberapa pihak bahkan menuduh ada campur tangan Marc Marquez dalam proses promosi Alex ke Repsol Honda. Namun, Super Marc membantah tuduhan tersebut. Honda juga menegaskan merekrut Alex karena prestasinya sebagai juara Moto2 2019, bukan gara-gara bernama belakang Marquez. 

Di balik kontroversi yang tengah terjadi, Alex resmi berstatus rider Repsol Honda mulai sekarang. Namanya memang santer terdengar seiring popularitas sang kakak, Marc Marquez.

Meski demikian, ada sejumlah fakta baru dan menarik yang layak Anda simak dari juara Moto2 2019 tersebut. Melansir dari MotoGP, inilah empat fakta menarik kontrak Alex Marquez bersama Repsol Honda.

 

2 dari 5 halaman

1. Kontrak Hanya Satu Tahun

Alex Marquez menandatangani kontrak satu tahun bersama Repsol Honda. Itu berarti, ia menjadi rider kedua musim ini yang hanya mendapat kontrak pendek.

Sebelumnya, rider tim Ducati, Danilo Petrucci, menjadi rider pertama yang hanya menjalani kontrak dalam jangka waktu satu tahun saja. Pada awal Juli 2019, managemen Ducati hanya menambah kontrak satu tahun untuk pembalap asal Italia tersebut.

3 dari 5 halaman

2. Pertama di Repsol Honda

Hadirnya Alex Marquez membuat Honda mencetak rekor baru. Untuk pertama kalinya, tim pabrikan asal Jepang itu merekrut dua rider bersaudara dalam satu tim.

Dua rider bersaudara MotoGP sebelumnya, yakn Pol dan Aleix Espargaro berada di tim yang berbeda. Aleix turun ke lintasan bersama Aprilia dan Pol menggeber kendaraan bersama tim KTM.

4 dari 5 halaman

3. Terkesan Cepat dan Terburu-buru

Alex Marquez resmi bergabung dengan Repsol Honda pada Senin (18/11/2019). Itu berarti, kontrak rider Marc VDS itu bersama Repsol Honda hanya berjarak dua hari saja dari kabar pensiunnya Jorge Lorenzo.

Mengacu pada hal tersebut, beberapa pencinta MotoGP di seluruh dunia menganggap Honda terlalu cepat mengambil keputusan. Managemen tim asal Jepang itu seperti tak memberikan ruang bagi pencinta Lorenzo untuk bernostalgia.

5 dari 5 halaman

4. Penuh Kontroversi

Bergabungnya Alex Marquez ke tim Repsol Honda yang terkesan mendadak itu bukan tanpa kontroversi. Penggemar mulai mempertanyakan kontrak yang didapat Alex Marquez.

Banyak yang curiga kontrak rider berusia 23 tahun itu didapat karena ada bantuan dari sang kakak. 

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Yus Mei Sawitri, Published 19/11/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Yamaha Beri Sinyal Pertahankan Maverick Vinales Usai MotoGP 2020, Valentino Rossi Tergusur?
Artikel Selanjutnya
Johann Zarco Selangkah Lagi Gabung Ducati, Simak Target Ambisiusnya