Sukses

Pelatih Persebaya Abaikan Rapor Buruk PSM di Laga Tandang

Liputan6.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso enggan memikirkan statistik jelang pertandingan melawan PSM Makassar. Dia memilih fokus pada kekuatan sendiri.

Persebaya menjamu PSM pada laga tunda Shopee Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Kamis (14/11/2019). Bajul Ijo berstatus tuan rumah meski tampil di Balikpapan.

Pasalnya, kepolisian tidak memberi izin untuk menggelar pertandingan di Gelora Bung Tomo yang semestinya berlangsung 2 November lalu. Ini imbas kerusuhan suporter pada duel versus PSS Sleman beberapa hari sebelumnya.

Walau tidak bermain di rumah sendiri, Persebaya tetap diunggulkan pada laga nanti. Pasalnya, rapor Juku Eja di laga tandang sangat buruk.

PSM belum pernah meraih kemenangan di markas lawan pada Shopee Liga 1 2019, sama seperti Persela Lamongan. Teranyar mereka takluk dari tim papan bawah Kalteng Putra.

 

2 dari 3 halaman

Fokus Diri Sendiri

Meski begitu, Aji Santoso enggan ambil pusing. Dia meminta anak asuhnya tidak memikirkan statistik tersebut.

"Saya sebenarnya tipikal pelatih yang tidak terlalu memercayai statistik. Pemain tidak boleh terpengaruh catatan PSM tersebut," ungkapnya.

Persebaya, lanjut Aji, harus lebih berkonsentrasi ke diri sendiri. Mereka harus fokus membenahi pertahanan karena hanya memiliki Andri Muladi dan M Syaifuddin. Sementara Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Rachmat Irianto tidak dapat tampil karena berbagai alasan.

3 dari 3 halaman

Tanpa Pluim

Beruntung bagi Persebaya, PSM juga tidak bakal diperkuat pemain bintang Wiljan Pluim. Aji Santoso pun berharap anak asuhnya dapat memanfaatkan kondisi ini demi mengakhiri paceklik kemenangan dalam tujuh laga.

"Menurut saya, yang harus dimanfaatkan itu bukan statistik tandang PSM, melainkan absennya Pluim. Kami harus benar-benar memanfaatkan situasi PSM tanpa Pluim," pungkas Aji.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Resmi Bergabung, Makan Konate Pernah Permalukan Persebaya di Kanjuruhan
Artikel Selanjutnya
Resmi Bergabung, Makan Konate Ingin Bawa Persebaya Juara