Sukses

Rincian Sebaran 700 Gol Cristiano Ronaldo

Turin - Cristiano Ronaldo seperti tak ada habisnya. Bintang timnas Portugal tersebut baru-baru ini membuat catatan gol yang luar biasa dengan torehan 700 gol selama karier di sepak bola profesionalnya.

Gol ke-700 ini Ronaldo cetak saat sedang tampil memperkuat Timnas Portugal di pertandingan kualifikasi Euro 2020, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB, melawan Ukraina. Pertandingan ini berlangsung di markas Ukraina, NSC Olimpyskiy.

Pada pertandingan penyisihan Grup B tersebut, Portugal gagal meraih kemenangan. Selecao das Aquinas kalah dengan skor 1-2. Dua gol Ukraina dicetak oleh Roman Yaremchuk dan Andriy Yormalenka. Sementara Cristiano Ronaldo mencetak satu-satunya gol hiburan dari titik penalti.

Satu gol itu memang gagal menyelamatkan Portugal dari kekalahan. Namun tambahan satu gol itu membuat pemain yang kini bermain di Juventus tersebut mencatatkan sebuah rekor baru. Satu gol itu membuatnya kini tercatat sudah mencetak 700 gol sepanjang karir profesional sebagai pesepak bola.

Meskipun kecewa karena Portugal gagal meraih kemenangan, namun Ronaldo juga mengaku bangga dengan catatan pribadinya itu.

"Tak semua pemain bisa mencapai catatan ini. Terima kasih kepada rekan setim, kolega, dan pelatih saya yang telah membantu saya menjadi pemain seperti saat ini," ujar Ronaldo seperti dilansir dari Goal International.

Eksekusi penalti yang dilakukan Cristiano Ronaldo pada menit ke-72 membuat perolehan golnya bersama Timnas Portugal telah mencapai angka 95. Namun dirinya masih terpaut cukup jauh dari eks pemain Iran, Ali Daei, yang menjadi pencetak gol terbanyak di pentas internasional (109).

2 dari 4 halaman

Enam Besar Manusia Paling Tajam di Muka Bumi

Selain itu, Ronaldo kini menjadi satu dari enam pesepak bola yang mampu menyentuh 700 gol di sepanjang karirnya sebagai pemain. Saat ini, pemegang status pencetak gol terbanyak dalam sejarah sementara masih dipegang oleh pemain berdarah Ceko-Austria, Josef Bican (805).

Di belakang Bican terdapat dua sosok legenda Brasil, Romario dan Pele. Keduanya masing-masing mencetak 772 dan 767 gol dalam karirnya. Daftarnya berlanjut ke nama pemain Hungaria, Ferenc Puskas (746 gol) dan legenda Jerman, Gerd Muller (735 gol).

Sementara itu, Lionel Messi yang merupakan rival abadi Ronaldo belum mencapai 700 gol sampai sekarang. Namun ia akan ikut masuk dalam daftar tersebut jika mampu mencetak satu gol lagi untuk Argentina. Saat ini, ia sudah membukukan 699 gol.

3 dari 4 halaman

Dominan Kaki Kiri

Dari Mana 700 Gol itu Berasal? 

Ronaldo  tercatat cukup mampu memaksimalkan kaki terkuatnya sebagai sumber utama mencetak gol. Seperti dilansir dari Bleacherreport, ada 444 gol dari 700 gol Ronaldo yang tercipta melalui kaki kanan.

Sementara kaki kiri Ronaldo menyumbang 126 gol. Selain mahir mencetak gol melalui kedua kakinya, kepala Ronaldo ternyata juga sangat produktif. Memiliki kemampuan melompat yang luar biasa tinggi, Ronaldo mampu menciptakan 128 gol melalui sundulan kepala. Sedangkan 2 gol lain tercipta lewat anggota tubuh lainnya.

Bila melihat karier sepak bolanya, Real Madrid adalah klub yang paling banyak dibantu Ronaldo dalam urusan mencetak gol. Bersama Los Blancos, Ronaldo tercatat membuat 450 gol. Disusul kemudian 118 gol bersama Manchester United dan lima gol ketika masih bermain di Sporting Lisbon.

Ronaldo sendiri berpotensi menambah torehan golnya. Pasalnya saat ini ia masih bermain di Juventus, di mana ia sudah membuat 32 gol selama karirnya di Italia, dan juga masih tajam bersama timnas Portugal (95 gol).

4 dari 4 halaman

Sebaran Gol

Sebanyak 700 gol yang ditorehkan Cristiano Ronaldo tercipta di 14 ajang berbeda. Berikut perinciannya:

  • Piala Dunia: 7
  • Liga Champions: 127
  • Piala Eropa: 9
  • Kualifikasi: 57
  • Nations League: 3
  • Piala Konfederasi: 2
  • Piala Dunia Antarklub: 8
  • Piala Super: 2
  • La Liga: 311
  • Premier League: 84
  • Serie A: 24
  • Primeira Liga : 3
  • Laga persahabatan internasional: 17
  • Domestic cups: 46

 

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Afdholud Dzikry, Published 15-10-2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Gelandang yang Dapat Kembalikan Ketajaman Cristiano Ronaldo
Artikel Selanjutnya
6 Pemain Termahal Sepanjang Sejarah di Bursa Transfer