Sukses

Drawing Liga Champions 2019/20: Pembagian Pot dan Aturannya

Drawing babak penyisihan grup Liga Champions 2019/2020 akan berlangsung malam ini, Kamis (29/8/2019).

Liputan6.com, Monaco Sebanyak 32 tim sudah dipastikan lolos ke fase grup Liga Champions musim ini. Enam di antaranya berhasil melaju ke babak utama setelah berhasil melewati babak play-off. 

Keenam klub itu, Dinamo Zagreb, Slavia Prague, Red Star Belgrade, Ajax, Club Brugge dan Olympiakos. Sedangkan sisanya lolos berdasarkan peringkat di liga masing-masing.

Seperti dilansir Marca, PSV Eindhoven, Celtic, dan FC Porto, tidak akan tampil pada babak ini. Ketiganya mengikuti langkah AC Milan, Marseille, Arsenal, Manchester United (MU), dan AS Roma yang musim lalu gagal menembus zona Liga Champions di masing-masing liga. 

Seluruh tim yang lolos ke babak utama bakal dibagi ke dalam delapan grup. Penghuni masing-masing grup selanjutnya ditentukan melalui drawing atau pengundian yang digelar di Grimaldi Forum, Monaco, pada Kamis malam (29/8/2019) mulai pukul 23.00 WIB. 

Dua tim terbaik dari masing-masing grup bakal melaju ke babak knock out, 16 besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Pembagian Pot

Dalam menentukan penghuni masing-masing grup, ke-32 klub yang lolos bakal dibagi ke dalam empat pot. Pot pertama selanjutnya dihuni Liverpool sebagai juara Liga Champions, bersama dengan Chelsea yang menjadi juara bertahan Europa League. 

Selain itu, pot ini juga dihuni juara liga Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia. Enam negara tersebut merupakan kompetisi dengan nilai koefisien UEFA tertinggi. Sedangkan pot lain diisi klub sesuai nilai koefisiennya termasuk yang lolos play-off. 

Seperti dilansir AS, UEFA juga menghindari tim-tim satu dari satu negara bertemu di fase grup. Begitu juga dengan tim dari Rusia dan Ukraina akan dipisahkan dengan alasan politik. 

Sementara itu, dalam kasus federasi yang memiliki dua atau lebih perwakilan di Liga Champions, akan dipasangkan sedemikian rupa agar pertandingan mereka bisa digelar antara Selasa atau Rabu. Seperti halnya Spanyol yang punya empat wakil maka akan ada dua klub yang bertanding pada hari Selasa dan dua klub lainnya pada hari Rabu. 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Pembagian Pot

Pot 1

Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, Manchester City, PSG, Liverpool, Chelsea, Zenit

Pot 2

Real Madrid, Atletico Madrid, Dortmund, Napoli, Shaktar, Tottenham Hotspur, Ajax Amsterdam, Benfica

Pot 3

Lyon, Leverkusen, Salzburg, Olympiacos, Brugge, Valencia, Inter Milan, Dinamo

Pot 4

Locomotiv, Genk, Galatasaray, Leipzig, Slavia Praha, Red Star, Atlanta, Lille

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.