Sukses

Piala AFF U-15 2019: Catatan Timnas Indonesia U-15 dalam 4 Laga Penyisihan Grup

Timnas Indonesia U-15 melakoni empat pertandingan di penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019 di Chonburi, Thailand.

Chonburi - Timnas Indonesia U-15 selangkah lagi lolos ke babak semifinal Piala AFF U-15 2019. Dari empat pertandingan babak penyisihan Grup A, skuat berjulukan Garuda Asia itu membukukan tiga kemenangan dan sekali imbang.

Otomatis, Timnas Indonesia U-15 berhasil mengoleksi sepuluh poin dari empat pertandingan. Garuda Asia kini memimpin klasemen Grup A, disusul oleh Timor Leste dengan 7 dan Vietnam lewat raihan 6 poin.

Mulanya, Timnas Indonesia U-15 diragukan dapat berbicara banyak di Piala AFF U-15. Armada Bima Saktu Tukiman menyongsong turnamen dengan persiapan kurang baik. Alexandro Felix Kamuru beberapa kali meraih hasil tidak maksimal pada partai uji coba.

Namun, keraguan tersebut mulai luntur tatkala Timnas Indonesia U-15 membungkam Vietnam 2-0 pada pertandingan pertama, berlanjut saat membantai Singapura 3-0, dan ditahan 1-1 oleh Timor Leste.

Teraktual, Timnas Indonesia U-15 berpesta empat gol tanpa balas ke gawang Filipina pada partai ketiga. Kini, setelah hampir menuntaskan babak penyisihan grup dengan baik, Garuda Asia diunggulkan untuk menjadi juara Piala AFF U-15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Produktif

Timnas Indonesia U-15 berhasil menciptakan sepuluh gol dari empat pertandingan. Empat di antaranya dibukukan oleh Marselino Ferdinan, yang berposisi sebagai gelandang serang.

Enam gol lainnya bersumber dari Wahyu Agong Drajat Mulyono (2 gol), Alexandro Felix Tamuru, Marcell Januar Putra, Mochama Faizal Shaifullah, dan Muhammad Valeron.

3 dari 4 halaman

Kuat di Belakang

Dari empat pertandingan, Timnas Indonesia U-15 baru kebobolan sekali. Satu gol tersebut bersarang saat Timnas Indonesia U-15 bermain 1-1 melawan Timor Leste pada pertandingan ketiga.

Dipimpin oleh kapten Marcell Januar Putra di lini belakang, I Made Putra Kaicen sebagai pemain yang berdiri di bawah mistar gawang terbilang nyaman dari berbagai serangan tim lawan. Tangguhnya lini belakang menjadi salah satu kunci ketangguhan Garuda Asia di turnamen ini.

4 dari 4 halaman

Kurang Efektif Memanfaatkan Peluang

Di setiap pertandingan, Timnas Indonesia U-15 kerap banjir kesempatan. Namun, hanya beberapa peluang yang terlahir menjadi gol.

Oleh sebab itu, Timnas Indonesia U-15 masih perlu melatih penyelesaian akhir, meski telah mengumpulkan sepuluh gol dari empat pertandingan.

Terdekat, Garuda Asia bakal menghadapi Myanmar pada Minggu (4/8/2019) di Stadion Kampus 1 Chonburi, sebelum bertanding di babak semifinal apabila lolos dari penyisihan grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.