Sukses

ASG 2019: Indonesia Sabet 2 Emas dari Bulutangkis Beregu

Liputan6.com, Semarang- Tambahan dua emas berhasil didapat dari cabang olahraga bulu tangkis nomor beregu ASEAN School Games 2019 (ASG 2019) di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/7/2019). Tim beregu bulu tangkis putra dan putri Merah Putih sukses di partai final yang digelar di GOR USM Semarang.

Tim beregu bulutangkis putra Indonesia mengalahkan Malaysia di pertandingan final ASG 2019. Kemenangan telak 3-0 mampu diraih tim beregu putra Indonesia atas Malaysia.

Muhammad Aldo Apriyandi dan kawan-kawan tampil percaya diri di depan para pendukungnya. Aldo Apriyandi yang turun di sektor tunggal putra mengawali kemenangan Indonesia.

Dia menang dua set langsung, 21-14 dan 21-12 atas tunggal Malaysia, Chia Jeng Hon. Kemenangan itu menularkan motivasi untuk ganda putra Indonesia yang tampil berikutnya yakni Ashgar Herfanda/Rian Cannavaro.

Ashgar/Rian mampu menang lewat pertarungan sengit atas ganda Malaysia, Demon Anthony/Wan Muhammad Arif. Setelah tiga set, Ashgar/Rian akhirnya menang 22-20, 20-22, dan 21-18, sekaligus membuat tim beregu Indonesia unggul 2-0 atas Malaysia.

Medali emas tim beregu putra Indonesia dipastikan oleh tunggal putra Indonesia yang turun di partai ketiga, Muhammad Iqbal. Dia menundukkan Ong Zhen Yi melalui dua set langsung, 21-8 dan 21-16.

"Senang bisa jadi penentu kemenangan tim. Kami bisa mencetak sejarah setelah tiga tahun kemarin tidak bisa meraih emas. Sekarang Alhamdulilah bisa dapat emas," kata Iqbal kepada wartawan seusai pertandingan final bulu tangkis beregu putra ASG 2019.

Malaysia harus puas membawa pulang medali perak, sedangkan medali perunggu diraih Singapura dan Filipina. Tidak ada pertandingan perebutan tempat ketiga di cabang ini.

 

2 dari 2 halaman

Beregu Putri

Di tempat yang sama, sukses juga ditorehkan tim beregu putri Indonesia yang juga menundukkan Malaysia di partai puncak. Indonesia menang 4-1 atas tim dari Negeri Jiran tersebut. Di tunggal putri, Aisyah Satifa Fatetani mampu membuat Indonesia unggul 1-0 setelah menaklukkan Arena Satu Samin dalam pertandingan yang ketat.

Aisyah menang 19-21, 21-16, dan 21-13. Demikian pula tunggal putri Merah Putih lainnya, Alifia Intan Nurrokhim, yang mengalahkan Siti Nursuhaini melalui dua set langsung, 21-12 dan 21-14. Tunggal putri ketiga tuan rumah, Saifi Rizka Nurhidayah, harus kalah dari Khor Jing Wen lewat laga dua set.

Beruntung ganda putri Indonesia, Aldira Rizki Putri/Metya Inayah Cindiani mampu bermain gemilang mengalahkan pasangan Malaysia, 21-14 21-16 atas Cheng Su Hui/Cheng Su Yin, sehingga medali emas pun bisa dipastikan setelah kemenangan 3-1.

"Dari awal rapat dengan Chief de Missino, Indonesia punya kans meraih lebih dari dua emas di ASG. Kekuatan di bulu tangkis cukup berimbang sebenarnya, namun kami bersyukur mampu melewatinya," kata Kepala Pelatih bulu tangkis Indonesia di ASG 2019, Luluk Hadiyanto.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sama Berbendera Merah Putih, Hari Kemerdekaan Negara ini Beda dari Indonesia
Artikel Selanjutnya
Kuliner Nusantara Menyemarakkan Perayaan HUT ke-74 RI di Istanbul