Sukses

Prediksi Persipura vs Madura United: Menanti Kebangkitan Mutiara Hitam

Jakarta Persipura Jayapura bakal menjamu Madura United dalam laga pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (16/7/2019), bakal seru. Kedua tim mengusung ambisi berbeda. 

Bagi Persipura Jayapura, laga ini ujian pertama Jacksen F. Tiago yang menggantikan posisi Luciano Leandro sebagai pelatih kepala. Tentu saja arsitek tim asal Brasil ini ingin mempersembahkan kemenangan perdana bagi tim Mutiara Hitam dan publik Jayapura. 

Bagi tim tamu, mereka berambisi menjaga rekor sebagai kontestan yang belum terkalahkan. Hingga saat ini hanya Madura United dan Tira Persikabo yang bersih dari kekalahan.

"Ini ujian sekaligus tantangan yang menarik bagi saya dan Persipura. Pertandingan nanti jelas tak mudah, baik bagi kami maupun lawan. Tapi, kami bertekad untuk memecahkan telur kemenangan," kata Jacksen Tiago. 

Juru taktik yang hijrah dari Barito Putera ini mengakui materi pemain Laskar Sape Kerrab sangat mumpuni di segala lini. Jacksen paham kelebihan anak asuh Antonic Dejan. Dia punya pengalaman pahit saat menangani di Barito Putera dan dikalahkan Madura United 1-2 di Banjarmasin (22/6/2019). 

"Saya tak mau mengulangi kesalahan sama seperti di Barito. Saya ingin menebus kekalahan itu bersama Persipura. Dari pertemuan lalu, saya tahu bagaimana menghadapi Madura United," katanya. 

Menurut Jacksen Tiago, untuk meladeni tim bertabur bintang seperti Madura United, tak hanya dibutuhkan teknik, tetapi juga mental yang kuat. 

"Secara teknis, saya kira bisa diadu. Faktor paling penting adalah pemain harus punya motivasi berlipat ganda di lapangan. Mereka harus percaya diri bisa mengalahkan Madura United," ujarnya. 

Kemenangan atas Madura United bisa jadi titik balik kebangkitan Persipura Jayapura musim ini.

"Ini partai yang menentukan langkah Persipura musim ini. Kemenangan atas tim papan atas dengan materi pemain bintang, bisa mendongkrak kepercayaan diri kami. Semoga Tuhan memberkati perjuangan kami besok," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Kondisi Kelelahan

Peluang Persipura mengalahkan Madura United kali ini cukup terbuka. Tim tamu datang dengan kondisi kelelahan. Meski memiliki spirit mempertahankan rekor tak terkalahkan, kondisi fisik alias stamina bisa jadi kendala.

Selain harus menempuh perjalanan tak singkat, padatnya jadwal pertandingan yang harus dijalani membuat skuat asuhan pelatih Dejan Antonic ini bertumbangan.

Kiper Muhammad Ridho terserang tifus. Ia dan striker senior Greg Nwokolo, yang mengalami kelelahan, tak dibawa dalam lawatan ke Jayapura. Plus, beberapa pemain lain yang memang masih mengalami cedera.

"Ada beberapa pemain kami, yang mengalami sakit murni karena jadwal pertandingan yang sangat padat dan harus ditempuh dengan perjalanan yang sangat beragam. Selama sebulan ini, pasca libur Idul Fitri, ada sembilan pertandingan yang harus dijalani dalam 30 hari,” ungkap Haruna Soemitro, manajer Madura United.

Pelatih Dejan Antonic pun dipaksa memikirkan solusi terbaik untuk melewati situasi sulit ini. 

Belum lagi Laskar Sape Kerrab dibayangi hasil yang dicatatkan musim lalu. Saat laga tandang ke Jayapura pada Liga 1 2018, Madura United digulung Persipura dengan setengah lusin gol (0-6). Madura United tentu tak ingin kekalahan seperti itu terulang lagi.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman; Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Andre Ribeiro, Yohanis Tjoe (belakang); Oh In-kyun, Ian Kabes, Immanuel Wanggai (tengah); Ibrahim Conteh, Boaz Solossa, Titus Bonai (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridwan; Jaime, Fachrudin Aryanto, Andik Rama, Marckho Sandy Merauje (belakang); Asep Berlian, Zulfiandi, Alfath Fathier (tengah); Engelberd Sani, Beto Goncalvez, Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Dejan Antonic

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan PSIS, Madura United Akhiri Paceklik Kemenangan
Artikel Selanjutnya
Live Streaming Indosiar Madura United vs PSIS Semarang di Shopee Liga 1 2019