Sukses

Aljazair Tantang Senegal di Final Piala Afrika 2019

Liputan6.com, Jakarta Senegal dan Aljazair lolos ke final Piala Afrika 2019 setelah menundukkan lawan-lawannya. Kedua tim akan bertanding di final yang dijadwalkan akan digelar di Stadion Internasional Kairo pada Sabtu (20/7/2019) dini hari WIB. Dua hari sebelumnya Nigeria bertemu Tunisia untuk memperebutkan peringkat ketiga di Stadion Al Salam, Kairo.

Senegal melangkah ke partai puncak Piala Afrika 2019 usai kalahkan Tunisia 1 - 0 melalui perpanjangan waktu di Stadion 30 Juni di Kairo, Mesir, Senin (15/7/2019) dini hari WIB.

Tunisia sebenarnya mempunyai kesempatan unggul lebih dulu. Mereka mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-75. Tapi, tendangan Ferjani Sassi selaku eksekutor bisa digagalkan kiper Senegal, Alfred Gomis.

Kemenangan Senegal akhirnya terjadi dari gol bunuh diri pemain belakang Tunisia Dylan Bronn pada menit ke-101. Gol berawal dari tendangan kiper Moez Hassen yang membentur dirinya dan bola meluncur masuk gawang sendiri.

Sebelumya, Senegal lolos ke babak semifinal Piala Afrika 2019 setelah mengalahkan Benin dengan skor 1-0. Satu-satunya gol dalam laga itu dibuat Idrissa Gueye.

2 dari 3 halaman

Dramatis

Di tempat lain, Aljazair menang dramatis saat berjumpa Nigeria pada semifinal Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo, Mesir, dini hari tadi. Gol tendangan bebas Riyad Mahrez jelang akhir laga membawa Aljazair menang tipis 2-1.

Mahrez juga berperan besar membuka keunggulan Aljazair pada menit ke-40 setelah umpan tariknya gagal dihalau William Troost-Ekong untuk berbuah gol bunuh diri.

Nigeria menyamakan kedudukan pada menit ke-72 lewat eksekusi penalti Odion Ighalo, namun ambisi tim yang dihuni deretan pemain muda itu pupus oleh tendangan bebas Mahrez.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Aljazair (4-1-4-1): Rais M'Bolhi; Mehdi Zeffane, Aissa Mandi, Djamel Benlamri, Ramy Bensebaini; Adlene Guedioura; Riyad Mahrez, Sofiane Feghouli, Ismael Bennacer, Youcef Belaili; Baghdad BounedjahPelatih: Djamel Belmadi

Nigeria (4-2-3-1): Daniel Akpeyi; Chidozie Awaziem, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo, Jamilu Collins; Peter Etobo, Wilfred Ndidi; Samuel Chukwueze (Henry Onyekuru), Alex Iwobi, Ahmed Musa; Odion IghaloPelatih: Gernot Rohr