Sukses

Kondisi Terkini Kiper Persib Deden Natshir Pasca Operasi Patah Tulang Kaki

Dokter tim Persib Bandung Raffi Ghani memberikan keterangan terkini kondisi cedera kiper Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby

Liputan6.com, Bandung Dokter tim Persib Bandung Raffi Ghani memberikan keterangan terkini kondisi cedera kiper Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby, Jumat (12/7/2019).

Dalam sesi jumpa pers di Graha Persib, Raffi menjelaskan kiper yang akrab disapa Deden itu merasakan sakit yang berlebih seusai berbenturan dengan gelandang Persija Jakarta Bruno Matos dalam laga lanjutan Liga 1 2019, Rabu (10/7/2019) lalu.

Alhasil, rontgen Deden tersebut menggambarkan dia mengalami patah tulang di sepertiga atau di bagian tulang tibia dan tulang fibula kaki kirinya.

"Karena ada patah tulang di fibia, malam itu juga dilakukan operasi. Setelah dilakukan operasi 3 jam lebih, sekarang sudah selesai lalu dilakukan perawatan di rumah sakit swasta di Jakarta," kata Raffi.

Kondisi saat ini, Raffi melanjutkan, Deden sudah berjalan. Namun ia harus menggunakan dua tongkat sebagai alat bantu. Bagian kaki yang cedera tidak bisa ditapakkan ke lantai dulu selama enam minggu.

"Untuk 4-5 hari ini dia tetap diwarat di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta. Setelah itu dia kembali ke Bandung dan akan ditangani dari kita beserta tempat-tempat tertentu untuk proses rehabilitasinya," katanya.

Proses rehabilitasi kiper andalan Persib berikutnya adalah berjalan menggunakan satu tongkat. Lalu ia akan menjalani penguatan otot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkiraan Pulih Enam Bulan

Untuk pemulihan cedera Deden, Raffi menargetkan kiper bernomor punggung 1 itu akan pulih dalam waktu enam bulan ke depan. Namun, dengan rencana rehabilitasi pasca operasi tulang kering, Raffi optimis Deden akan sembuh lebih cepat.

"Kalau secara teori memang enam bulan tapi mudah-mudahan rencana yang kita jalankan sesuai sehingga bisa lebih cepat. Tapi saya tidak mau menyatakan ini lebih cepat atau lebih lama karena ini sedang dijalankan. Saya khawatir dan mudah-mudahan tidak terjadi pada saat proses rehabilitasi ada datu komplikasi yang dapat menyebabkan lamanya penyembuhan," kata Raffi.

Raffi enggan menanggapi pertanyaan terkait berakhirnya musim ini bagi Deden. Sebab menurutnya itu bukanlah wewenangnya untuk menyatakan perihal tersebut.

"Saya tidak mau menegaskan Deden sudah beres atau tidak di musim ini, saya akan bicara kesehatan dan cedera Deden. Saya hanya bisa menegaskan proses rehabilitasi Deden memerlukan waktu enam bulan," kata Raffi.

3 dari 3 halaman

Banjir Dukungan

Selama dirawat di rumah sakit, Raffi mengaku banyak ditanya oleh berbagai pihak. Bahkan kunjungan kepada Deden terus mengalir baik yang datang secara langsung ataupun yang menanyakan lewat pesan elektronik.

"Tadi pagi saat dihubungi, dia merasa sedikit terganggu karena begitu banyaknya kunjungan. Mungkin itu kecintaan terhadap Deden dan Persib, makanya saya melakukan jumpa pers ini supaya teman-teman mengerti karena Deden sedang lagi pemulihan kondisi fisik dan kondisi mentalnya terpukul dengan adanya cedera ini," kata Raffi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.