Sukses

Azerbaijan Sesalkan Keputusan Mkhitaryan Tak Tampil di Final Liga Europa

Liputan6.com, Baku - Federasi Sepak Bola Azerbaijan (AFFA) mengaku kecewa dengan sikap gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan yang memilih absen di final Liga Europa melawan Chelsea di Baku, Azerbaijan, 29 Mei mendatang.

Kemarin, Selasa (21/5/2019), Mkhitaryan telah memutuskan untuk absen di final Liga Europa. Ketegangan politik antara Azerbaijan dengan negara kehalirannya, Armenia, menjadi penyebab utama Mkhitaryan melewatkan partai penting itu.

"Kami sudah melihat berbagai macam opsi agar Mkhitaryan tetap masuk dalam skuat, tapi setelah berdiskusi dengan si pemain dan keluarganya, kami semua bersepakat bahwa dia tidak akan ikut bersama tim," demikian pernyataan resmi Arsenal.

Keputusan mantan pemain Manchester United itu membuat AFFA kecewa. Padahal, pemerintah Azerbaijan sudah memberikan jaminan untuk keselamatannya.

"Kami sangat menyesali keputusan itu. Setahu kami, itu keputusan sang pemain, keluarganya, dan klub. Tidak ada alasan apapun untuk mempertanyakan keseriusan Azerbaijan memberikan pengamanan," bunyi pernyataan resmi AFFA.

"Sebelum final Liga Europa nanti, banyak atlet-atlet Armenia yang datang ke Azerbaijan untuk mengikuti turnamen internasional tanpa mendapat masalah apapun itu."

 

2 dari 3 halaman

Respons Emery

Keputusan Mkhitaryan itu dimaklumi oleh manajer Arsenal, Unay Emery. Namun, hal itu bisa menjadi kerugian besar untuk Meriam London kala menghadapi Chelsea nanti.

"Saya berdiskusi dengan Mkhitaryan. Itu merupakan situasi yang sangat personal. Dia ingin bermain bersama tim, tapi dia berbicara dengan keluarganya dan memutuskan untuk tetap tinggal," kata Emery di Four Four Two.

"Ini kabar buruk, tapi kami tak bisa melakukan apapun mengenai maslah ini. Ini merupakan masalah yang sangat-sangat personal dan kami harus memberi respek untuknya. Saya tak mengerti masalah politik, tapi harus memberi respek," ucapnya menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Pemain Penting

Mkhitaryan musim ini tampil 39 kali di seluruh kompetisi dengan torehan enam gol dan tujuh assist. Di ajang Liga Europa, Mkhitaryan tampil 11 kali dan membuat tiga assist.

Sebelum bersama Arsenal, Mkhitaryan sudah menyabet gelar Liga Europa bersama MU. Pada 2016, dia berhasil memenangkan Liga Europa saat masih bersama MU usai mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0.

Saksikan video pilihan berikut ini:

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Arsenal
  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea
  • Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.
    Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.
    Henrikh Mkhitaryan
  • Final Liga Europa
Loading
Artikel Selanjutnya
Arsenel Melempem, Cole: Mana Suporter Yang Dulu Minta Wenger Mundur?
Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Liga Europa: MU Juara Grup, Arsenal Raih Tiket 32 Besar