Sukses

Pernah Pakai Winglet Seperti Ducati, Apa Kata Rossi?

Rossi juga pernah memakai winglet di motor Yamaha YZR-M1 tungganannya.

Liputan6.com, Buenos Aires - Valentino Rossi dan timnya Monster Energy Yamaha tidak melakukan protes saat Ducati menggunakan winglet di bagian swingarm motor mereka. Soalnya, mereka pernah melakukan itu.

Tepatnya di MotoGP Valencia 2018 lalu. Rossi dan Maverick Vinales menunggani motor Yamaha YZR-M1 yang sudah dilengkapi alat serupa winglet di bagian swingarm. 

Saat itu, Yamaha menggunakan alat tersebut untuk mengatur cipratan air saat balapan basah. Yamaha punya alasan kuat pakai alat demikian.

Dengan diaturnya cipratan air di bawah motor maka tidak terjadi aquaplanning, sebuah fenomena dimana roda tak bergerak saat melintas limpahan air di aspal.

Lalu apa kata Rossi dengan alat yang dipakai Ducati itu?

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Rossi

Rossi mengatakan Ducati sudah kompetitif sejak musim lalu. Ini terjadi sebelum gonjang ganjing winglet di swingarm motor mereka mengemuka di MotoGP Qatar.

"Musim lalu, Ducati selalu kuat dan kompetitif. Jadi saya pikir cukup pintar untuk mengetahui cara mereka," ujar Rossi seperti dikutip crash.

"Mungkin alat tersebut salah satu penunjang performa, jadi mengapa tidak? tapi saya tidak tahu apa yang terjadi di masa depan untuk kami terkait motor."

3 dari 3 halaman

Trek Kering

Sementara itu, Vinales punya pendapat berbeda soal alat yang dipakai Ducati. Dia kurang yakin alat itu bisa sukses saat dipakai di balapan kering.

"Apa yang kami punya dulu itu untuk balapan saat hujan, ini ditujukan untuk membuang air yang mengenai ban agar terhindar dari aquaplanning," katanya.

"Namun saya kurang yakin alat yang dipunya Yamaha dulu bisa sukses di balapan kering. Tahun lalu, kami punya sesuatu tapi tidak seperti milik Ducati.

"Alat itu untuk menyegarkan ban, tapi tak banyak membuat perbedaan, sejujurnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.