Sukses

Piala Presiden: 3 Pilar Utama Kalteng Putra untuk Hadapi Persija

Jakarta Kejutan yang dibuat Kalteng Putra di Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar belum akan berakhir. Kini, tim berjulukan Laskar Isen Mulang itu berencana merepotkan tuan rumah Persija Jakarta pada saat kedua kesebelasan bentrok pada babak 8 besar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (28/3/2019).

Status Persija boleh sebagai jawara bertahan Piala Presiden. Tetapi, tim berjulukan Macan Kemayoran itu wajib hukumnya untuk tidak menganggap enteng Kalteng Putra.

Kalteng Putra, klub promosi Liga 1 di musim ini, berhasil menguasai Grup C babak penyisihan Piala Presiden 2019. Padahal, dalam grup itu ada klub-klub besar seperti PSM Makassar, Persipura Jayapura hingga PSIS Semarang.

Mengumpulkan enam poin hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah, Kalteng Putra melaju ke babak 8 besar Piala Presiden 2019 sebagai kampiun Grup C. Laskar Isen Mulang pun menjadi satu-satunya klub promosi yang lolos ke fase knock out.

Persija harus berhati-hati terhadap daya ledak Kalteng Putra mengingat status klub promosi membuat Laskar Isen Mulang menargetkan target terbaik di turnamen pramusim ini.

Itulah mengapa, Persija wajib menaklukkan tiga pemain kunci milik Kalteng Putra yang coba dikupas Bola.com berikut ini, agar bisa menyingkirkan tim kuda hitam tersebut.

2 dari 4 halaman

Dimas Galih

Dimas Galih hanya kebobolan sekali dari Eero Markkanen dkk. serta Boaz Solossa cs. ketika Kalteng Putra bersua PSM Makassar dan Persipura Jayapura. Kurang garang apa Markkanen dan Boaz, tetapi mendadak tumpul ketika bertatap muka dengan kiper berusia 26 tahun itu?

Mantan penjaga gawang Persebaya Surabaya ini berhasil membuat Markkanen dkk. frustrasi ketika Kalteng Putra secara mengejutkan berhasil menumbangkan PSM pada partai pertama Piala Presiden 2019 Grup C (6/3/2019).

Begitu pula aksi heroiknya saat berulang kali menahan gempuran Boaz cs. ketika Laskar Isen Mulang melakukan comeback ciamik untuk mengalahkan Persipura 3-1 (16/3/2019).

Total sepanjang babak penyisihan, Kalteng Putra hanya dua kali kemasukan. Peran Dimas Galih akan sangat diandalkan untuk menahan gempuran Persija yang dikomandoi oleh top scorer sementara Piala Presiden 2019, Bruno Matos.

3 dari 4 halaman

I Gede Sukadana

Perannya vital di lini tengah Kalteng Putra. Selain bertugas sebagai tukang jagal, Gede Sukadana juga berstatus kapten tim sehingga memberikan motivasi kepada rekan-rekannya adalah tugas utamanya.

Tiga pertandingan di babak penyisihan grup dilahap Gede Sukadana dengan apik. Performanya di lini tengah membuat sektor belakang yang dikomandoi OK John jauh dari rasa waswas.

Namun, pekerjaan berat menanti Gede Sukadana di babak 8 besar Piala Presiden. Mantan pemain Bali United ini akan berhadapan dengan Bruno Matos yang sedang on fire. Kalau ia dapat mengunci pergerakan playmaker asal Brasil itu, tugas Dimas Galih dan OK John akan terasa lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Patrich Wanggai

Penampilannya tak lagi eksplosif seperti dulu. Tetapi, tugas penyerang tengah adalah mencetak gol, tak peduli bagaimana pergerakannya di atas lapangan.

Patrich Wanggai sempat mandul pada dua pertandingan awal Kalteng Putra di Grup C. Namun, ketika dibutuhkan di partai penentuan, mantan bomber Persib Bandung itu menunjukkan kapasitasnya.

Dua gol berhasil diciptakannya ke gawang Persipura untuk membawa Kalteng Putra meraih kemenangan dengan skor 3-1. Persija mesti memberikan atensi lebih apabila tidak ingin kecolongan dari pemain penuh pengalaman berusia 31 tahun ini.

Loading