Sukses

Perjalanan Karier Marko Simic, Bawa Persija Jadi Juara Liga 1 2018

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Marko Simic sangat dielu-elukan oleh Jakmania, pasalnya ia berhasil membawa Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018. Apalagi gelar juara Liga 1 2018 ini menjadi catatan manis bagi Persija karena terakhir kali mereka mendapatkan gelar serupa adalah tahun 2001 atau 17 tahun lalu.

Persija Jakarta resmi meraih gelar juara Liga 1 2018, usai mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-34 Liga 1, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018). Dua gol Persija dicetak Marko Simic pada menit ke 17 dan 60.

Gol pertama Marko Simic dicetak melalui titik penalti pada menit ke-17. Penalti didapatkan Persija setelah Marko Simic dilanggar oleh Saepulloh Maulana.

Marko Simic mencetak gol kedua pada menit ke-59. Penyerang berusia 30 tahun itu memanfaatkan sebuah kemelut di depan gawang Mitra Kukar yang dikawal Yoo Jae Hoon. Melalui tandukan, Simic menceploskan bola yang melambung liar setelah bek Mitra Kukar Mauricio Leal gagal menyapunya dengan benar.

Selama membela Persija Jakarta di Liga 1 2018 ini, Marko Simic menyumbangkan 18 gol. Meskipun tidak menjadi top skorer Liga 1, dengan jumlah tersebut sekaligus menempatkan Marko Simic sebagai pencetak gol terbanyak Persija.

Marko Simic memang baru semusim memperkuat Persija Jakarta, namun ia sudah memberikan 3 gelar bagi Macan Kemayoran. Selain trofi Liga 1 2018, ada dua trofi turnamen pramusim yakni trofi Piala Presiden 2018 dan trofi turnamen Boost SportsFix Super Cup 2018 di Malaysia.

2 dari 5 halaman

Sumbang 29 gol untuk Persija

Sepanjang 2018, Marko Simic telah mencetak 29 gol di semua ajang bersama Persija Jakarta. Saat memperkuat Persija di Piala Presiden 2018, Marko Simic menyumbang 11 gol.

Dari torehan tersebut, Marko Simic memenangkan gelar pemain terbaik serta menjadi top skor Piala Presiden 2018. Marko Simic juga menyejajarkan diri dengan Christian Gonzales sebagai pemiliki gol terbanyak selama gelaran kompetisi tahunan tersebut dengan 11 gol.

3 dari 5 halaman

Awal karier Marko Simic

Sebelum dikontrak Persija Jakarta untuk memperkuat tim pada kompetisi musim 2018, perjalanan karier Marko Simic tidak begitu mentereng. Koleksi gol Marko Simic tidak pernah melebihi 10 gol di tiap klub yang dibelanya.

Marko Simic dibeli oleh Macan Kemayoran dari Melaka United, salah satu kontestan di Liga Malaysia dengan durasi kontrak selama 2 tahun.

Marko Simic sendiri mengawali kariernya di dunia sepakbola dari akademi Rijeka pada tahun 2001 silam. Marko Simic kemudian mengenyam pelatihan dasar-dasar sepakbola salah satu klub Korasia, NK Zagreb selama 4 tahun.

Marko Simic memulai karier profesionalnya di klub Rusia, FC Khimki. Namun, karier pemain yang berjuluk Super Simic ini tidak berjalan lancar. Dalam dua tahun keberadaanya, Marko Simic hanya memainkan empat pertandingan tanpa menghasilkan satu gol.

Marko Simic lantas dipinjamkan ke klub Latvia, Daugava Daugavpils pada 2008 silam. Di klub ini, kehebatannya mulai terlihat. Dari 14 pertandingan, Marko Simic menyumbang enam gol.

Marko Simic juga mengemas lima gol dari total 18 pertandingan kala memperkuat Vasas FC yang mentas di kompetisi kasta tertinggi Hungaria.

Pada musim 2014-2015 pemain kelahiran Pakrac, 23 Januari 1988, itu berkiprah di Serie C Italia bersama Pordenone. Namun, Marko Simic tak punya banyak kesempatan bermain dan tak sanggup mencetak gol. Bukannya semakin bersinar, karirnya malah kian meredup dengan hanya mencatatkan satu penampilan.

4 dari 5 halaman

Pindah ke Asia Tenggara

Setelah semusim berseragam Pordenone, Marko Simic kemudian hijrah ke Asia Tenggara dan bermain di klub Vietnam, Becamex Binh Du’ong. Di klub ini ia mampu mencetak empat gol dari enam laga.

Pada tanggal 6 Januari 2017, Marko Simic bergabung dengan klub Liga Primer Malaysia Negeri Sembilan. Di Negeri Sembilan, Simic mulai menunjukan tajinya. Ia bermain di 13 pertandingan dan mencetak tujuh gol.

Sebelum bergabung dengan Persija Jakarta, klub terakhir Marko Simic adalah Melaka United SA. Dia melakukan debut pertama untuk Melaka United dalam pertandingan imbang 1-1 melawan PKNS pada 1 Juli 2017. Bergabung sejak Juni 2017, Marko Simic mampu mengemas sembilan gol dari sembilan pertandingan. Marko Simic juga pernah tampil pada Piala FA Malaysia 2017 bersama Melaka United dan bermain sebanyak enam kali serta menyumbang satu gol.

Pada tanggal 27 Desember 2017, Marko Simic menandatangani kontrak selama dua tahun dengan Persija Jakarta setelah ia tidak mencapai kesepakatan dengan Kelantan FA. Pemain berposisi striker itu menjadi pemain asing pertama yang dikontrak Persija untuk kompetisi musim 2018.

Menariknya, Marko Simic bisa bermain di berbagai posisi. Selain sebagai ujung tombak, ia juga dapat memerankan posisi sayap dan gelandang serang.

5 dari 5 halaman

Tersandung beberapa masalah

Di balik prestasinya yang gemilang, Marko Simic pernah diterpa isu kontroversial. Pada Juni 2018, namanya disebut-sebut sebagai pelaku pelecehan terhadap sejumlah selebriti di Tanah Air. Mulai dari Via Vallen, DJ Dinar Candy hingga aktris Sandra Olga.

Sebelumnya, Marko Simic menerima sanksi larangan empat pertandingan dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI setelah terbukti menyikut pemain Persipura Jayapura, Ian Louis Kabes.

Tati Sumirah, Prestasi Untuk Bangsa

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bawa Persija Juara Liga 1, Teco Sebut 2 Orang Ini Paling Berpengaruh
Artikel Selanjutnya
Persija Juara, Ini Daftar Tim Promosi dan Degradasi Liga 1